Musim hujan banyak mendatangkan manfaat, mulai dari memperbaiki kualitas udara, menyuburkan tanah dan tanaman hingga sebagai pembangkit listrik. Namun, di sisi lain musim hujan juga membawa beberapa potensi infeksi virus musiman, seperti kolera, flu, demam berdarah, dan chikungunya. 

Baca Juga : Hindari Penyakit Musim Hujan dengan Cara Ini

Anak-anak dan bayi termasuk kelompok yang rentan terinfeksi virus karena sistem kekebalan tubuhnya belum berkembang dengan sempurna.

Berikut adalah beberapa tip bagi Moms untuk merawat anak agar tetap sehat selama musim hujan:

Menjaga kebersihan dan keamanan rumah

Perhatikan tiap sudut rumah, Moms, termasuk taman, kamar mandi, teras, juga balkon. Periksa tanda-tanda genangan air, pojok yang lembap dan gelap, karena kondisi tersebut dapat menjadi sarang nyamuk dan jamur yang berpotensi penyakit. Bersihkan semua saluran untuk menghindari penyumbatan yang menyebabkan meluap. Konslet listrik juga sering terjadi pada musim hujan, jadi tutupi steker listrik yang tidak digunakan dan kencangkan kabel listrik longgar yang menggantung.

Pola makan sehat untuk Moms menyusui

Berikan ASI pada si Kecil sebisa mungkin, Moms. Sebab ASI merupakan antibodi dan nutrisi penting, seperti vitamin dan mineral, yang dibutuhkan bayi agar tetap terlindungi di musim hujan. Agar perlindungan ASI maksimal, pola makan yang bergizi seimbang juga harus Moms ikuti.

Menjaga bayi dari nyamuk

Gigitan nyamuk selain membawa penyakit juga menyakitkan bagi bayi dan meninggalkan bengkak merah di kulitnya. Ketika musim hujan tiba, perkembangbiakan nyamuk juga semakin banyak, maka gunakan kelambu pada tempat tidur bayi, serta pakaikan ia baju yang menutup pada malam hari. 

Mengganti popok secara teratur

Membiarkan popok basah dapat menyebabkan si Kecil kedinginan dan menimbulkan ruam popok, karena area yang lembap menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan infeksi jamur. Periksa popok lebih sering dari biasanya dan segera ganti jika basah. Gunakan pula pakaian yang hangat dan kering, serta yang membuat kulitnya dapat bernapas.

Menjaga tangan selalu bersih

Tangan merupakan pintu kuman masuk ke dalam tubuh si kecil dan keluarga. Terutama di situasi pandemi ini, menjaga kebersihan tangan Moms dan keluarga menjadi bagian penting dalam kehidupan.

Baca Juga : Pengobatan Rumah Mengatasi Flu Di Musim Hujan

Menghindari tempat kotor dan ramai

Hindari mengunjungi taman yang banyak genangan air dan lumpur, juga semak yang lebat atau rumput yang tinggi saat jalan-jalan di sekitar rumah. Selain potensi penyakit, hal ini untuk menghindari risiko gigitan nyamuk, dan hewan berbahaya lain yang berkembang biak saat musim hujan. Tempat dengan banyak orang juga berisiko penyebaran infeksi virus, terutama Covid-19 yang masih merebak, Moms. 

Menyediakan obat dan vitamin di rumah

Pastikan di rumah selalu sedia vitamin C yang baik untuk imun tubuh, serta obat-obat pertolongan pertama jika keluarga sakit ya, Moms. Dalam penggunaannya tetap ikuti petunjuk atau resep dokter.

Baca Juga : Pentingnya Sumber Vitamin C dalam Penyerapan Zat Besi