Masa balita merupakan periode emas pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada fase ini, anak sangat aktif untuk mengeksplorasi dunia di sekelilingnya. Sayangnya, di masa pandemi ini, gerak balita Moms jadi terhambat karena cukup sulit untuk bermain di luar rumah. 

Walau si Kecil belum mampu untuk mengungkapkan bahwa mereka bosan atau stres,  tetapi sama seperti kita orang dewasa,  si Kecil juga mungkin merasa jenuh dan bosan ketika terlalu lama di rumah saja.

Baca Juga : Manfaat Hewan Peliharaan untuk Anak

Orangtua di masa pandemi juga dituntut untuk tetap memberikan kegiatan yang menyenangkan untuk si Kecil. Bagaimana jika kita sebagai orangtua kehabisan ide kegiatan di rumah ? Nah, mungkin Moms bisa mempertimbangkan untuk mulai mengadopsi hewan peliharaan untuk si kecil. Memiliki hewan peliharaan di rumah bisa melatih si Kecil untuk bertanggung jawab dan menyayangi hewan. Selain itu si Kecil juga tidak akan merasa bosan dan jenuh lagi harus berlama-lama di rumah. Di bawah ini adalah beberapa jenis hewan peliharaan yang bisa moms pertimbangkan sebagai hewan peliharaan si Kecil di rumah: 

Kucing 

Nah, hewan peliharaan yang sering ditemui ini, mungkin menjadi salah satu kandidat yang baik untuk teman bermain si Kecil. Kucing umumnya lebih suka di rumah dan tidak harus selalu diajak bermain di luar rumah. Merawat kucing juga umumnya tidak terlalu sulit dilakukan, cukup sediakan box nyaman dan bersih, berikan makanan dengan teratur serta sediakan tempat untuk kucing bermain.

Anjing 

Bagi anak yang lebih aktif,  mungkin Moms harus memikirkan anjing sebagai pertimbangan teman bermain si Kecil. Anjing yang aktif dan ceria akan menjadi teman yang menyenangkan untuk si Kecil. Memelihara anjing umumnya tidak terlalu sulit, Moms hanya perlu memberikan box atau rumah anjing, tempat bermain dan juga makanan serta beberapa kali kunjungan ke dokter hewan untuk melakukan vaksinasi. 

Ikan 

Banyak anak kecil yang sangat bersemangat jika melihat ikan menari-nari di dalam air atau akuarium. Bagi si Kecil yang lebih suka mengamati dan cenderung kalem mungkin ikan adalah hewan yang cocok dijadikan teman. Ikan hanya perlu tempat dengan air yang bersih serta makanan yang diberikan secara berkala. Pilihkan model dan warna ikan yang menarik untuk si Kecil. 

Bagaimana Moms? Apakah sudah menentukan pilihan ?

Baca Juga : Menanamkan Empati Anak Sejak Dini