Kadar progesteron yang tinggi merupakan kunci dari kehamilan yang sehat. Progesteron bertanggung jawab menjaga dan menutrisi janin selama plasenta belum berkembang, hingga minggu ke-12 dan ke-14. 

Baca Juga : 7 Hal yang Harus Dilakukan Pada Trimester Pertama Kehamilan

Setelah proses implantasi atau menempelnya embrio ke dinding rahim, hormon ovarium merangsang pertumbuhan pembuluh darah di lapisan dan kelenjar rahim yang berfungsi untuk memberi nutrisi pada bayi dan memberi jalan pada plasenta yang sehat. 

Setelah plasenta berfungsi optimal pun, progesteron tetap menjaga kesehatan rahim dan mencegah bayi lahir prematur. Oleh sebab itulah, menurut Nanette Santoro, M.D., profesor di Department of Obstetric and Gynecology di University of Colorado, penting untuk menjaga kadar progesteron tinggi selama kehamilan.

Kadar progesteron hanya dapat diukur oleh dokter, namun umumnya kadar progesteron Moms sudah termasuk normal, kecuali jika Moms memiliki riwayat menstruasi yang tidak teratur, PMS yang sangat parah, pernah keguguran, atau memiliki masalah progesteron dan estrogen yang tidak seimbang. Untuk memastikannya, sebaiknya konsultasikan pada dokter kandungan, Moms.

Berikut adalah cara alami menaikkan kadar progesteron agar kehamilan tetap sehat:

Menjaga berat badan tetap normal

Pada kondisi normal, estrogen dan progesteron menyeimbangan satu sama lain di dalam tubuh. Peningkatan lemak tubuh dapat menyebabkan produksi estrogen berlebih dalam sel lemak dengan mengubah hormon lain menjadi estrogen. Sementara ovarium tidak ikut memproduksi progesteron yang cukup untuk menyeimbangkan estrogen. Maka, menjaga berat badan normal dapat menjaga keseimbangan kadar progesteron dan estrogen.

Menghindari olahraga berlebihan

Menurut Dr. Warner, dokter kandungan dan ginekolog di Langhorne, olahraga berlebihan dapat menyebabkan kadar kortisol (hormon yang mengendalikan stres) tidak seimbang sehingga menurunkan progesteron secara keseluruhan. Stres akibat terlalu banyak aktivitas fisik menyebabkan produksi kortisol meningkat, hingga mengubah progesteron di ovarium menjadi kortisol untuk “bertahan hidup” namun membuat hormon ovarium tidak seimbang.

Baca Juga : Olahraga Ringan Selama Kehamilan

Mengurangi stres

Berkaitan dengan hormon kortisol di atas, jika Moms merasa stres, produksi kortisol akan meningkat bahkan memengaruhi kadar progesteron di ovarium. Menurut Dr. Warner, salah satu penelitian menunjukkan bahwa emosi positif dapat mengirim sinyal kelenjar adrenal untuk berfungsi normal dan berhenti mengubah progesteron menjadi kortisol. Menenangkan pikiran dapat memperlambat produksi hormon stres yang berlebihan dan menyeimbangkan progesteron, misalnya dengan melakukan yoga, berenang, mewarnai untuk orang dewasa, merajut, atau kegiatan lain yang menenangkan bagi Moms.

Baca Juga : Stres dan Kesuburan

Mengonsumsi chasteberry sesuai anjuran dokter

Chasteberry adalah tanaman herbal yang sering digunakan untuk meningkatkan produksi progesteron, juga meredakan PMS, menstruasi yang tidak teratur, dan membantu fase kehamilan awal jika Moms memiliki riwayat ketidakseimbangan hormon progesteron. Secara spesifik, tanaman ini merangsang kelenjar pituitari untuk memberi sinyal pada ovarium untuk menghasilkan progesteron.