Saat Testpack menunjukan garis 2,  bukan main rasa bahagianya, apalagi setelah penantian cukup panjang yang menguras emosi. 

Trimester pertama kehamilan merupakan pondasi yang paling penting dalam 9 bulan kehamilan. Lalu apa aja sih,  yang harus dilakukan di trimester pertama kehamilan? Ini beberapa di antaranya: 

Pilih dokter kandungan 

Saya pribadi sudah memilih atau mencari dokter kandungan jauh dari sebelum positif hamil, awalnya saya ingin konsultasi untuk mengikuti program kehamilan. Dari bulan sebelumnya sudah merencanakan untuk mengikuti promil, eh, saat  jadwal konsul promil diberi garis 2. Akhirnya saya datang sebagai pasien untuk periksa kehamilan. Duh, bahagianya.  Saya mencari dokter kandungan perempuan karena relatif jarang dibandingkan dokter laki-laki. Saya sendiri tidak nyaman bila diperiksa dengan dokter kandungan pria.

Baca Juga : 4 Kesalahan Saat Memilih RS dan Dokter Kandungan

Minum vitamin prenatal 

Setidaknya Moms membutuhkan 400 mcg suplemen asam folat setiap hari,  dan 600 mcg adalah angka yang direkomendasikan selama trimester pertama kehamilan.  Asam folat sangat mengurangi risiko bayi mengalami cacat lahir tabung saraf seperti spina bifida. 

Melakukan USG 

Kebetulan periksanya di RS jadi setiap periksa pasti USG. Melakukan USG di awal kehamilan penting untuk melihat apakah ada kantong janin / tidak, kantong janin 1 atau 2, janin berkembang / tidak, ada parasitkah?  Lalu untuk menentukan HPL (Hari perkiraan Lahir) katanya yang akurat USG di 12 minggu pertama untuk HPL. Dan ya benar,  saya alami. Saat usia kandungan 16 minggu, saya juga melakukan skrining dengan USG 4D untuk memastikan kesehatan dan kelengkapan organ si janin,  bonusnya saya jadi tahu jenis kelamin si bayi. Oh ya, dengan USG ini, kita jadi lebih tenang lho, Moms.

Baca Juga : Amankah Pemeriksaan USG Saat Kehamilan?

Jauhi aktivitas yang bisa membahayakan janin 

Saat hamil harus menjauhi aktivitas atau pekerjaan rumah yang bisa membahayakan janin seperti membersihkan kotoran hewan peliharaan, memindahkan atau mengangkat perabotan berat, membersihkan rumah dengan produk pembersih berbahan kimia, dan menyemprot ruangan dengan obat nyamuk. Di awal kehamilan sampai nifas, saya  benar-benar dimanjakan oleh suami , semua pekerjaan rumah dia yang tangani. Sementara saya, cukup fokus pada kehamilan saja. 

Cukup Istirahat

Rasa letih ini lantaran peningkatan hormon progesteron yang mempunyai efek depresan pada susunan saraf, sehingga menyebabkan kantuk secara alami. Akibatnya, ibu hamil sering mengantuk dan membutuhkan tidur lebih banyak daripada biasanya. Sempatkan untuk tidur siang . 

Cari tahu asuransi yang Anda pakai 

Hal ini penting karena ada beberapa asuransi yang tidak meng-cover biaya prenatal dan persalinan. Jika tidak dicover maka kita harus menyisihkan dana untuk biaya periksa kehamilan maupun persalinan. 

Rencanakan keuangan 

Setelah mengetahui bahwa kita hamil, yang harus dilakukan adalah rencanakan keuangan,  karena sekarang akan menambah anggota keluarga baru yang harus dicukupi semua kebutuhanya. Terlebih jika hamil akan banyak pos- pos pengeluaran yang sebelumnya tidak ada,  seperti dana periksa hamil, beli vitamin, biaya lahiran, perlengkapan dan kebutuhan si bayi serta biaya untuk aqiqah atau syukuran menyambut kelahiran si bayi. 

Jadi, dari hamil trimester pertama harus sudah menyiapkan keuangan agar saat waktunya tiba, tidak bingung lagi mencari uang. Moms bisa melakukannya dengan cara menabung tiap bulan atau mengikuti arisan dan minta nariknya pas  dekat HPL . 

Itulah beberapa hal yang saya lakukan ketika hamil trimester pertama. Selain itu jangan lupa untuk rutin memeriksakan kandungan ke dokter kesayangan ya, Moms.

Baca Juga : Simak Persiapan Finansial Sebelum Hamil Berikut