Selama kehamilan, tubuh Moms akan mengalami berbagai perasaan, sensasi, dan emosi yang baru. Hal ini disebabkan oleh hormon yang naik-turun, serta aliran darah meningkat. Beberapa Moms juga merasa ukuran payudara membesar dan nafsu makan meningkat.

Namun penting untuk diingat bahwa pengalaman setiap Moms selama hamil berbeda. Walau begitu, setidaknya ada beberapa tanda-tanda umum yang sering dialami Moms, seperti naik atau turunnya gairah seks, suasana hati, berat badan, kebiasaan makan, dan pola tidur yang kemungkinan besar akan berubah. 

Baca Juga: Tanda Kehamilan yang Tidak Biasa, Kenali Yuk!

Perubahan gairah seks selama kehamilan adalah hal yang normal. Pada waktu tertentu Moms mungkin tidak bisa lepas dari pasangan, sementara pada waktu lain, seks hampir tidak terpikirkan oleh Moms. Secara umum, Moms akan merasakan libido naik-turun selama kehamilan.

Berikut adalah penyebab perubahan gairah seks selama kehamilan:

Naik-turunnya hormon

Hormon berperan penting dalam perubahan gairah seks selama hamil. Kadar estrogen dan progesteron yang naik-turun dapat menyebabkan perubahan libido. Selain itu, gejala hamil lain, seperti mual, kelelahan, stres, dan penambahan berat badan juga memengaruhi libido. 

Pada trimester pertama kehamilan, kadar estrogen dan progesteron Moms meningkat. Namun gairah seks Moms mungkin menurun, hal ini disebabkan gejala pada awal kehamilan yang dapat menurunkan hasrat seksual, seperti perubahan hormonal, kelelahan, mual, atau payudara yang sensitif.

Sekitar minggu ke 10, peningkatan kadar hormon ini akan menurun, sehingga mual dan kelelahan yang Moms rasakan juga menurun. Hilangnya gejala trimester pertama membuat gairah seksual Moms cenderung meningkat. 

Kemudian pada trimester ketiga, Moms kemungkinan akan mengalami penambahan berat badan, sakit punggung, dan gejala lainnya yang dapat menurunkan gairah seksual.

Baca Juga: Posisi Bercinta yang Aman untuk Ibu Hamil

Payudara sensitif dan aliran darah meningkat

Saat hamil, terjadi peningkatan aliran darah, terutama ke organ seksual, payudara, dan vulva, sehingga Moms lebih mudah terangsang, serta sensitivitas meningkat. 

Peningkatan libido

Banyak Moms mengalami peningkatan libido di akhir trimester pertama dan kedua. Seiring dengan peningkatan libido ini,  Moms juga mengalami peningkatan lubrikasi vagina dan klitoris yang hipersensitif karena meningkatnya aliran darah ke genital.

Selama waktu ini, Moms bisa memanfaatkannya bersama pasangan dengan berbagi kebahagiaan. Seks selama kehamilan adalah cara yang baik untuk tetap terhubung secara mental, emosional, dan fisik.

Baca Juga: Posisi Perut Turun, Tanda Hamil Bayi Laki-laki? Cek Faktanya

Tubuh tampak lebih seksi saat hamil

Kenaikan berat badan sebanyak 11 hingga 15 kg adalah hal yang normal selama 40 minggu kehamilan.

Banyak Moms yang menemukan perspektif baru tentang perubahan tubuhnya sehingga timbul perasaan positif dan peningkatan kepercayaan diri. Payudara yang lebih besar, pinggul yang lebih bulat, dan tubuh yang lebih seksi, Moms biasanya merasa lebih intim dengan pasangannya selama hamil.