Setelah melahirkan, Moms memerlukan makanan ekstra nutrisi dan energi agar pemulihan pascapersalinan lebih cepat. Terlebih lagi ada bayi baru lahir yang sangat membutuhkan Moms. Karena itu, penting bagi Moms untuk segera pulih dan sehat. 

Setelah melahirkan, rasa lapar semakin menjadi ditambah sedang menyusui, perasaan baru makan,  setengah jam yang lalu eh udah lapar lagi. Hal ini normal kok,  Moms karena Moms membutuhkan sekitar 2.300 - 2.500 kalori per hari. Selain itu Moms juga perlu mencukupi kebutuhan nutrisi, seperti protein, karbohidrat, lemak, serta vitamin dan mineral. Berikut beberapa makanan yang baik untuk Moms pascamelahirkan : 

Telur 

Sumber protein dan lemak sehat omega 3 yang murah dan mudah diperoleh,  serta dapat diolah berbagai macam masakan. Berdasarkan pengalaman pribadi, pascamelahirkan dalam sehari saya bisa makan 6-8 butir telur. Berdasarkan referensi yang saya baca, telur  bagus sekali untuk membantu proses pemulihan,  terlebih saya melahirkan secara sesar.  Protein pada telur juga berguna untuk membantu mempercepat proses pengeringan pada luka sayatan. Selain itu, telur juga membuat ASI semakin kental. 

Baca Juga : Benarkah Telur Penyebab Bisul?

Sayuran hijau 

Sayuran hijau kaya akan kandungan vitamin A , Vitamin C , kalsium zat besi dan antioksidan .Sayuran juga kaya akan serat jadi Moms bisa bebas sembelit. Hampir setiap hari,  selama 40 hari,  ibu dan mertua saya selalu memasakkan saya  sayur bening,  mulai katuk, kelor, bayam, sawi dan brokoli . Sayuran hijau seperti  katuk dan kelor dipercaya membantu melancarkan produksi ASI. 

Kacang kacangan 

Beragam jenis kacang, seperti kacang tanah dan kacang kedelai, mengandung banyak protein, vitamin K, vitamin B, zat besi, kalsium, dan zinc. Kacang-kacangan  baik dikonsumsi sebagai makanan setelah melahirkan karena dapat memberi Moms tenaga tambahan, melancarkan produksi ASI, serta menunjang proses pemulihan setelah bersalin. Ibu saya menyangrai kacang-kacangan (kacang tanah , kacang kedelai, jagung pipil dan kacang hijau) sampai satu toples dan saya jadikan sebagai camilan. 

Nasi merah 

Pilihlah karbohidrat kompleks yang sehat untuk tubuh seperti nasi merah whole grain untuk menjaga tingkat energi dan menghasilkan ASI yang berkualitas.

Baca Juga : Manfaat Beras Merah untuk Bumil

Oatmeal / sereal 

Sarapan sehat dengan sereal gandum mampu membantu memberikan energi yang dibutuhkan setelah malam-malam panjang begadang menjaga bayi. Tambahkan susu rendah lemak dan buah-buahan ke dalam sereal Moms untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian. 

Selain makanan yang bergizi,  Moms juga jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan tidur , karena tidur yang cukup akan menambah energi Moms,  terlebih hampir tiap malam Moms begadang bersama bayi. Jika ada kesempatan untuk tidur siang , tidurlah sebentar. 

Baca Juga : Makanan yang Sebaiknya Dibatasi Saat Ibu Menyusui