Rambut yang indah alami dan mudah diatur,  tentunya adalah dambaan setiap Moms. Sebagai seorang ibu juga, saya tahu pasti banyak Moms yang tidak memiliki cukup waktu untuk menikmati perawatan rambut lengkap di salon. Namun, walau tidak sempat ke salon, merawat diri tetap perlu dilakukan ya, Moms, karena itu adalah bentuk tindakan mencintai diri sendiri. 

Merawat rambut bisa dilakukan di rumah dengan bahan-bahan alami juga lho, Moms. Apa saja bahan alami perawatan rambut tersebut? Berikut daftarnya. 

Baca Juga :Perawatan Kulit Saat #DiRumahAja

Minyak Hangat 

Untuk Moms yang memiliki rambut cenderung kering, perawatan menggunakan minyak hangat dapat membantu mengembalikan kelembaban rambut. Caranya mudah kok, cukup hangatkan setengah cangkir minyak pilihan Moms (minyak kelapa atau minyak almond atau minyak jarak atau minyak jojoba) lalu pijat lembut ke rambut dan kulit kepala. Lalu tutup kepala dengan handuk hangat, biarkan minimal 30 menit sebelum membilasnya. 

Telur 

Tidak hanya mengandung gizi yang baik untuk pertumbuhan si Kecil, Moms juga bisa menggunakan telur sebagai bahan alami perawatan rambut. Moms bisa campurkan tiga butir telur dengan 2 sdm minyak zaitun dan 1 sdm madu. Balurkan ke rambut dan kulit kepala, dan tutup kepala dengan plastik atau topi mandi selama 30 menit. Bilas dengan air dingin dan shampo. 

Alpukat 

Alpukat kaya vitamin E dan A, lemak baik, dan mineral yang bisa melembapkan dan menguatkan rambut. Cara menggunakan alpukat untuk perawatan rambut tidak sulit kok Mom. Cukup kupas alpukat, lalu ambil dan lumatkan daging buahnya. Campurkan pasta alpukat tersebut dengan sebutir telur dan balurkan ke rambut basah. Biarkan selama 20 menit sebelum membilasnya. 

Selain menggunakan bahan alami perawatan rambut seperti di atas, untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat, Moms juga harus memerhatikan asupan nutrisi. Asupan protein, zinc, dan omega 3 dibutuhkan untuk mendapatkan rambut dan kulit kepala yang sehat. 

Jangan lupa pilih shampo yang tidak mengandung bahan kimia yang terlalu ‘keras’ dan sesuaikan dengan jenis rambut yang Moms miliki. O ya, jangan keramas terlalu sering juga ya Moms, maksimal sekali sehari saja. Sebab, terlalu sering keramas justru akan merusak rambut dan menghilangkan minyak alami rambut. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms! 

Baca Juga :Jenis Minyak Alami untuk Perawatan Kulit, Simak Yuk!