Saat ini para Moms mulai beralih dari pelembap konvensional ke minyak alami untuk perawatan kulit wajah. Tiap jenis minyak memiliki khasiat alaminya untuk melembapkan dan menutrisi berbagai jenis kulit.

Meskipun minyak, namun minyak alami untuk perawatan kulit wajah ini tidak membuat wajah Moms terlihat berminyak. Terlebih lagi, dikemas dengan bahan-bahan yang baik untuk kulit Moms, seperti polifenol, asam lemak, dan antioksidan, yang secara umum membantu mengurangi peradangan dan membuat kulit bercahaya.

Baca Juga: Minyak Biji Labu, Kegunaan dan Manfaatnya

Masalah pada kulit yang sering terjadi, misalnya jerawat, iritasi, dan kulit kering, bisa ditangani oleh minyak alami. Yuk, simak beberapa jenis minyak alami dan manfaatnya bagi kulit.

Minyak kelapa

Sesuai namanya, minyak ini berasal dari buah kelapa. Minyak  nabati yang memiliki harus khas ini bisa digunakan untuk segala hal, mulai dari perawatan kulit hingga resep masakan. 

Baca Juga: Tip Hilangkan Noda Minyak Pada Pakaian, Bisa Pakai Cola!

Minyak kelapa kaya akan vitamin E, dan dapat digunakan sebagai pelembap tradisional. Kandungan asam lemaknya dapat berfungsi sebagai “penghalang” bagi kulit dengan menjaga kelembapannya. Secara alami juga bersifat antibakteri dan antijamur sehingga melindungi kulit dan rambut dari bakteri serta jamur. 

Minyak argan

Minyak argan tentunya sering Moms dengar sebagai kandungan produk perawatan kulit. Minyak ini diekstrak dari kacang pohon argan Maroko, dan merupakan pelembap yang menenangkan serta cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Minyak argan mengandung vitamin E, antioksidan, dan asam lemak esensial, serta tidak berbau. Selain itu, minyak argan cukup ringan untuk digunakan sebagai pelembap sehari-hari, juga dapat digunakan untuk merawat kondisi kulit yang lebih parah, seperti eksim atau rosacea. Berkat sifat antioksidannya, minyak argan bekerja untuk meningkatkan elastisitas kulit dengan mengatasi kerusakan akibat radikal bebas dan menjadikan kulit bercahaya.

Minyak marula

Mungkin Moms masih cukup asing dengan minyak marula. Minyak ini berasal dari kacang buah marula Afrika, dan diprediksi akan menjadi tren karena keserbagunaannya, tekstur yang ringan, dan manfaatnya untuk memperbaiki kulit. Berkat khasiat kesehatannya, minyak ini tidak hanya dapat mengurangi kulit kering, tetapi juga iritasi dan radang.

Hal ini tak lepas dari kandungannya. Minyak marula kaya akan asam lemak dan mengandung antioksidan 60 persen lebih banyak daripada kebanyakan minyak lainnya, artinya mampu melawan penuaan dan kerusakan akibat sinar matahari. Minyak ini juga memiliki sifat antimikroba, membuatnya ideal untuk kulit yang teriritasi atau berjerawat.

Minyak zaitun

Minyak kaya khasiat satu ini dibuat dengan memeras dan mengekstrak minyak buah zaitun. Minyak satu ini terkenal karena kaya vitamin, bersifat antioksidan, serta dapat melembapkan dan melawan bakteri. Minyak ini juga bisa digunakan untuk rambut, bahkan juga untuk memasak, Moms.

Minyak zaitun mengandung banyak vitamin, termasuk A, D, K, serta vitamin E. Antioksidannya membantu mencegah atau mengatasi kerusakan akibat radiasi ultraviolet penyebab kanker. 

Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun Pada Bayi, Bisa Redakan Batuk

Jika kulit Moms rentan berjerawat, menggunakan sabun yang terbuat dari minyak zaitun dapat membantu mengurangi jerawat dengan membunuh bakteri penyebab jerawat. Minyak zaitun juga terkenal mampu melembapkan kulit. 

Minyak jojoba

Minyak ini diekstrak dari tanaman asli Amerika Utara. Minyak jojoba digunakan untuk mengatasi segala masalah pada kulit, mulai dari jerawat, psoriasis, hingga kulit terbakar matahari. Minyak jojoba sebenarnya bukan minyak, melainkan ekstrak tumbuhan yang terdiri dari ester lilin cair. Dari semua senyawa yang ditemukan di alam, minyak jojoba secara struktural dan kimiawi paling mirip dengan sebum manusia, dengan kata lain seperti struktur kulit.

Miripnya jojoba dengan struktur kulit membuatnya dapat mereplikasi atau melarutkan minyak.  Tergantung pada kulit Moms, apakah memproduksi minyak berlebihan atau kurang, minyak jojoba ini mampu menyeimbangkan produksi sebum dan menghilangkan jerawat. Terdiri dari mineral dan nutrisi yang bermanfaat, minyak jojoba juga berfungsi sebagai pelembap untuk menenangkan kulit dan memberikan kelembapan sepanjang hari.