Noda minyak dan lemak termasuk jenis noda yang sering mengotori pakaian. Namun tidak perlu khawatir, cara menghilangkannya cukup mudah, kok Moms. 

Baju kesayangan tak sengaja terkena noda minyak saat makan, tentunya menjengkelkan ya Moms. Apalagi jika yang terkena noda adalah baju putih atau berwarna cerah lainnya. Sudah berulang kali dicuci,  nodanya tak juga mau pergi. 

Jika Moms mengalami hal seperti ini, jangan buru-buru membeli baju pengganti, masih ada cara lain untuk menghilangkan noda minyak pada baju. Hanya dibutuhkan sedikit trik dan kreativitas untuk memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. 

Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun Pada Bayi, Bisa Redakan Batuk

Berikut adalah cara menghilangkan noda minyak pada pakaian dengan bahan yang ada di rumah:

Bedak bayi

Bedak bayi hampir selalu ada di rumah, terutama jika Moms memiliki anak kecil. Gunakan bedak bayi untuk menghilangkan noda di baju.  Caranya, tepuk-tepuk bagian baju yang terkena minyak menggunakan tisu kering, tidak perlu kuat-kuat agar tidak menyerap ke bahan baju. Kemudian taburkan sedikit bedak bayi pada bagian noda. Biarkan selama 30 menit. Terakhir bersihkan bedak tersebut menggunakan jari.

Baca Juga: Kiat Mengajari Bayi Bedakan Siang dan Malam

Cuka 

Jika baju Moms terkena minyak, segera ke dapur dan ambil cuka. Masukkan ke dalam mangkuk bersama air dengan rasio 1:1. Celupkan kain kering ke dalam larutan cuka dan air lalu gosokkan ke bagian noda.

Garam

Selain cuka, garam yang selalu ada di dapur juga bisa Moms manfaatkan untuk membersihkan noda minyak pada pakaian. Caranya, aduk garam dengan alkohol gosok/antiseptik dengan perbandingan 1:4 di dalam wadah, lalu celupkan kain kering yang bersih ke dalam larutan tersebut, gosok bagian noda dengan kuat.

Baca Juga: Garam, si Serbaguna untuk Bersihkan Rumah

Aloe vera gel

Siapa bilang aloe vera gel hanya untuk kecantikan? Gel serbaguna ini juga bisa membersihkan noda minyak pada pakaian juga, lho. Caranya rendam dahulu pakaian Moms di dalam air dan biarkan selama beberapa waktu, angkat dan oleskan aloe vera gel di bagian yang ternoda. Lalu cuci pakaian dan keringkan dengan mengangin-anginkannya.

Cola

Minuman berkarbonasi satu ini memiliki kemampuan penghilang minyak karena mengandung asam fosfat. Pada noda ringan, Moms bisa menuangkan cola pada pakaian yang kotor bersama dengan deterjen biasa, lalu cuci dan keringkan. Namun jika nodanya membandel, tuangkan/oleskan cola langsung ke bagian yang terkena noda dan rendam selama 1 – 2 jam, setelah itu baru cuci seperti biasa.

Pasta gigi 

Pasta gigi yang selalu ada di kamar mandi ternyata tidak hanya bisa membersihkan gigi, tetapi juga bisa membersihkan cermin, hingga noda minyak pada pakaian. Selain itu, pasta gigi tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan tetap membersihkan dengan hasil yang sama dengan produk kebersihan lainnya. Caranya pun mudah, tinggal oleskan pasta gigi pada bagian bernoda, lalu sikat dengan sikat kecil atau sikat gigi, terakhir bilas dengan air dan keringkan dengan cara mengangin-anginkan.