Bayi memiliki imunitas tubuh yang tidak sekuat orang dewasa. Karena itu, bayi rentan terhadap berbagai infeksi,  baik dari bakteri maupun virus.  Maka dari itu, setiap orangtua khususnya ibu menjadi lebih protektif terhadap bayi mereka. 

Salah satu upaya menjaga si Kecil tetap sehat adalah menjaga berbagai perlengkapan makan dan mainnya tetap bersih dan steril. Moms mungkin berpikir mengapa harus di sterilisasi jika mencuci menggunakan sabun saja sudah cukup membunuh bakteri atau kuman yang ada. Berikut adalah beberapa kumpulan QnA yang sering ditanyakan seputar menjaga kebersihan alat makan si Kecil : 

Perlukah alat sterilisasi ? 

Pertanyaan ini sering muncul ketika Moms mulai mencatat keperluan si Kecil sesaat sebelum hari persalinan tiba. Alat sterilisasi biasanya akan muncul sebagai keperluan yang masih menjadi pertimbangan yakni penting tidaknya alat tersebut. Alat sterilisasi umumnya akan sangat diperlukan untuk membantu mensterilkan botol susu dan beberapa perlengkapan bayi lain. Tetapi jika Moms tidak memprioritaskan untuk membeli alat sterilisasi,  maka Moms bisa menggunakan panci untuk mensterilkan botol susu si Kecil. Setelah Moms mencuci botol susu  si Kecil,  Moms bisa merebus atau mengukusnya  kurang lebih selama 5 menit. 

Baca Juga : Mengenal Alergi Susu Sapi VS Intoleransi Laktosa

Kapan harus mencuci dan mensterilkan botol susu ? 

Umumnya botol susu harus segera dicuci dan disterilkan begitu si Kecil selesai menggunakannya. Segera buang susu formula atau ASI  yang sudah melebihi batas waktu penyimpanan,  jika si Kecil tidak menghabiskan susu formula atau ASI yang Moms siapkan. 

Perlukah sabun cuci botol khusus ? 

Faktanya di luaran sana sangat banyak jenis sabun untuk mencuci alat makan tetapi perlukan sabun khusus untuk mencuci botol bayi? Moms harus mempertimbangkan untuk memilih sabun khusus untuk mencuci botol si Kecil. Hindari bahan-bahan yang tidak tepat seperti pewangi hingga SLS. 

Bagaimana cara mencuci dan mensterilkan botol susu dengan benar ? 

Kegiatan ini umumnya tidak terlalu sulit dilakukan. Moms hanya memerlukan air bersih mengalir, sikat botol, sabun cuci botol dan sterilisasi.

Baca Juga : Tips Pumping ASI untuk Working Moms

Cara mencuci botol susu bayi: 

  1. Pisahkan bagian-bagian botol bayi agar mudah dibersihkan 
  2. Bilas botol dengan air bersih mengalir guna menghilangkan noda susu formula atau ASI. 3. Cuci botol susu dengan menggunakan sikat dan sabun hingga botol bersih. 
  3. Bilas lagi menggunakan air bersih mengalir guna menghilangkan sabun yang menempel 5. Keringkan botol dengan tisu atau keringkan di tempat yang bersih. Jangan menggunakan handuk karena akan menjadi media transmisi kuman dan bakteri. 
  4. Lakukan sterilisasi pada botol susu. Setelah langkah ke enam selesai maka Moms bisa menyimpan botol susu si Kecil di tempat khusus dengan tetap menjaga kebersihan dan kesterilannya.

Baca Juga : Botol Susu Kaca VS Plastik, Mana Lebih Baik?