Pijat bayi memiliki banyak manfaat. Memijat dengan gerakan lembut dapat membuat bayi merasa nyaman, memperkuat ikatan di antara Moms dan si Kecil hingga meningkatkan kualitas tidurnya.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan pijat bayi memaksimalkan pertumbuhan bayi yang sehat.

Pijat juga adalah salah satu cara Moms mengekspresikan cinta dan perhatian pada bayi. Beberapa manfaat lainnya adalah  seperti meningkatkan berat badan, membantu pencernaan, melancarkan sirkulasi, dan meredakan nyeri gigi yang tumbuh. 

Baca Juga : Gigi Bayi Mulai Tumbuh? Perhatikan Hal Berikut

Cara memijat bayi tentu berbeda dengan pijat orang dewasa ya, Moms. Pijat bayi menggunakan gerakan lembut dan ritmis pada tubuh bayi. Moms bisa menggunakan minyak atau pelembap agar sentuhan dengan kulit terasa lebih lembut. 

Sebagai bagian dari rutinitas pijat, Moms bisa menggerakkan pergelangan kaki, pergelangan tangan, dan jari bayi dengan lembut. Dilakukan sambil berbicara dengan lembut, bersenandung atau bernyanyi untuk bayi juga dapat membuat bayi lebih tenang.

Baca Juga : Cara Menenangkan Bayi Rewel A la Mona Ratuliu

Memijat dengan tangan yang menenangkan merangsang produksi hormon oksitosin dalam tubuh Moms dan bayi. Oksitosin adalah hormon yang memberi perasaan bahagia dan penuh kehangatan, sama seperti ketika Moms menggendong atau menyusui bayi.

Manfaat pijat pada bayi

Manfaat pijat pada perkembangan bayi, di antaranya:

  1. Mengoptimalkan perkembangan bayi secara mental, sosial dan fisik
  2. Menenangkan dan membuat bayi tidak rewel 
  3. Meningkatkan kualitas tidur bayi
  4. Menstimulasi sistem peredaran darah dan pencernaan
  5. Meredakan ketegangan otot, ketidaknyamanan saat tumbuh gigi, serta merangsang pertumbuhan pada bayi prematur.
  6. Meningkatkan berat badan, terutama pada bayi prematur. Pijat merangsang saraf kunci, yaitu saraf vagus, yang menghubungkan otak dengan bagian penting tubuh, termasuk perut. Merangsang saraf ini dapat meningkatkan pencernaan dan pergerakan usus dan membantu bayi menambah berat badan.
  7. Menstabilkan denyut jantung. 

Tip memijat bayi

  • Memilih tempat dan suasana yang nyaman

Pijat bayi di tempat yang hangat, tenang, dan nyaman. Baringkan bayi tempat yang lembut dan empuk, namun tetap nyaman dan memungkinkan bayi melakukan kontak mata dengan Moms. 

  • Mulai dengan perlahan

Letakkan bayi dengan posisi telentang, lalu mulai dengan menggosok perlahan setiap bagian tubuh. Sentuhan harus lembut pada awalnya. Gosok seluruh tubuhnya, mulai dari kepala hingga ke kaki secara bertahap. 

  • Berbicara dengan bayi

Usahakan untuk selalu mengajak bayi bicara selama pemijatan, misalnya dengan mengulangi namanya untuk membantu si Kecil tenang. Moms juga bisa sambil bercerita atau menyanyikan lagu favoritnya.

  • Tidak harus pakai minyak/pelembap 

Beberapa Moms tidak menggunakan baby oil untuk memijat, sebagian lain menggunakannya untuk melembutkan gesekan kulit saat memijat. Jika Moms menggunakan minyak/pelembap, pilihlah yang tidak berbau dan aman jika tertelan karena bayi bisa saja memasukkan tangannya ke mulut. Usahakan juga untuk mengetes minyak/pelembap apakah menimbulkan reaksi alergi pada bayi atau tidak.

Baca Juga : Manfaat Minyak Zaitun Pada Bayi, Bisa Redakan Batuk