Anak rewel memang sedikit membuat Moms kewalahan, tidak tahu maunya si Kecil apa. Tapi tenang Moms, tidak perlu panik, ada, kok, cara untuk menenangkannya. 

Tangisan bayi merupakan caranya berkomunikasi. Ketika ini terjadi, segala hal Moms lakukan, mulai dari menggendong, menyusui, menyanyikan, mengusap, hingga mengayunkannya, terkadang tak juga berhasil menenangkan si Kecil. 

Baca Juga : Bukan Bayi Rewel, Tapi Berkebutuhan Tinggi

Bayi menangis terutama pada 6 bulan pertama kehidupannya, dengan durasi 45 menit hingga 2 jam setiap harinya. Bayi biasanya menangis sebagai tanda agar diberi makan, ditidurkan, atau diganti popoknya.

Artis Mona Ratuliu yang belum lama ini melahirkan anak keempatnya, Numa Kamala Srikandi pada 20 Mei 2020 lalu, mengaku telah belajar dari pengalaman mengasuh ketiga anak sebelumnya, dan memiliki cara untuk menenangkan bayi yang rewel.

Bagi Moms baru yang mengasuh anak pertama, menenangkan si Kecil yang rewel cukup membuat stres hingga panik. Namun, menurut Mona, kepanikan Moms ini justru membuat anak makin menjadi-jadi rewelnya.

Jika si Kecil rewel, Moms dapat menggendongnya dan usahakan kulit Moms bersentuhan dengan kulit bayi karena interaksi ini memberikan ketenangan bagi bayi. Sambil menggendongnya, tenangkan bayi dengan bernyanyi dengan lembut.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bingung Puting pada Bayi

Trik lain Mona untuk menjaga Numa tetap tenang adalah dengan memijatnya dengan lotion bayi tiap hari setelah mandi. Kunci dalam menghadapi fase ini, tutup Mona, adalah kasih sayang orang tua.

Cara Mona Ratuliu di atas layak dicoba, begitu pula cara-cara lain berikut yang dapat Moms contek untuk menenangkan bayi yang rewel:

  1. Memastikan semua kebutuhan dan kenyamanan bayi terpenuhi. Bayi suka kondisinya kering, berpakaian hangat tapi tidak kepanasan, dan kenyang
  2. Memberinya dot dapat dilakukan mulai usianya 1 bulan, beberapa bayi bisa belajar menghibur dirinya sendiri dengan menghisap dot. Penggunaan dot juga dapat melindungi bayi dari SIDS atau sudden infant death syndrome, yaitu kematian mendadak pada usia di bawah 1 tahun
  3. Mencoba membelai kepala bayi dari kening ke belakang leher dengan perlahan. Banyak bayi yang tertidur dengan pijatan lembut ini. Moms juga dapat menambahkan suara “sshh” yang atau lantunan yang menenangkan
  4. Memandikan bayi dengan air hangat
  5. Menidurkan bayi di kamar yang gelap dan sunyi tanpa adanya gangguan
  6. Bayi rewel bisa jadi karena membutuhkan perubahan stimulasi, Moms bisa menggendongnya keliling rumah
  7. Jika poin 6 tidak berhasil, Moms dapat membawa si Kecil keluar dengan stroller
  8. Jika Moms merasa frustasi hingga menangis dan marah pada diri sendiri dan bayi, ini adalah tanda untuk Moms istirahat
  9. Saat Moms istirahat, pastikan ada keluarga yang menjaga bayi
  10. Tetap tenang dan bayi pun akan tenang

Rewelnya si Kecil bukan karena ia marah atau menolak Moms, melainkan sebagai caranya berkomunikasi. Kerewelan ini akan hilang seiring usianya bertambah.

Baca Juga : Arti Tangisan Bayi