Jamu dalam kemasan banyak sekali dijual di pasaran ya, Moms. Tapi, Moms juga bisa membuatnya sendiri di rumah, lho! 

Jamu dengan bahan dan cara buat yang cukup mudah adalah kunyit asam. Minuman ini banyak sekali manfaatnya. Selama ini mungkin kita sering dengar kunyit asam bagus untuk menghilangkan nyeri saat haid, ternyata ada juga manfaat lainnya seperti antibakteri terhadap penyebab diare. Penelitian tersebut telah dilakukan oleh Lilis dan Eva pada tahun 2008. 

Baca Juga : Tips Mengurangi Nyeri Haid

Mengingat besarnya manfaat kunyit asam, bagaimana kalau kita buat jamunya sendiri Moms? Untuk membuat jamu kunyit asam, ada tiga bahan utama yang wajib Moms sediakan, yaitu kunyit, asam jawa, dan gula merah. Oh, tentu saja harus ada air ya. Namun, ada yang perlu Moms perhatikan untuk penggunaan kunyitnya ya. Kunyit pada minuman ini akan lebih enak jika menggunakan induk kunyit daripada kunyit yang dipakai untuk bumbu masakan. Selain itu, pilihlah asam jawa yang berkualitas dan masih segar. Jika Moms memiliki pohon asam di rumah, membuatnya dengan daunnya pun bisa, lho! Terakhir, gula merah adalah kunci yang membuat manis pada kunyit asam menjadi lebih nikmat untuk diminum. 

Moms bisa langsung membuatnya nih dengan mengikuti resep berikut ini: 

2 liter air

500g kunyit

500g asam jawa

250 gram gula merah (sesuaikan dengan selera) 

½ sdt garam 

Cara membuatnya: 

Moms perlu membersihkan kunyitnya lebih dulu. Setelah itu, Moms bisa membakarnya untuk menghilangkan langu. Lalu parut kunyit. Agar parutan terhidar dari noda kuning yang sulit dihilangkan, Moms bisa melapisi parutannya dengan plastik. Jadi, Moms memarut kunyitnya di luar plastiknya. 

Jika kunyit telah diparut, peras menggunakan kain bersih. Namun jika ingin lebih praktis, bisa langsung dimasukkan ke dalam rebusan. Panaskan air, masukkan gula dan asam jawa. Masukkan kunyit yang telah diparut dan disaring tadi ke dalam panci. Beri garam, kemudian cicipi rasanya. Kadar asam dan manisnya dapat disesuaikan dengan selera Moms ya. Jika sudah mendidih, air rebusannya disaring agar tidak ada gumpalan dan kotoran dari gula merah serta biji asam jawa. Simpan di botol dan atau bisa langsung disajikan. 

Tetapi, untuk kunyit asam ini lebih nikmat diminum dingin ya, Moms. Nah, kalau Moms ingin lebih mudah lagi langsung saja pakai serbuk kunyit. Moms tinggal merebus gula merah, asam jawa, dan beri beberapa sendok makan serbuk kunyit. Semuanya tergantung jumlah air yang digunakan ya, Moms. Jika air yang digunakan 500ml, maka serbuk kunyit yang perlu dimasukkan hanya 1-2 sendok makan saja. Namun itu pun tergantung pada kualitas serbuk kunyitnya. Moms bisa pilih serbuk kunyit di toko organik ya, karena kualitas dan rasanya terjaga. Selamat mencoba, Moms! 

Baca Juga : Rempah-rempah yang Bisa Ditanam di Rumah