Saat pandemi seperti ini, yang mengharuskan kita banyak melakukan kegiatan di rumah, tanpa disadari pasti banyak hal-hal baru yang kita lakukan, dari mulai memasak, bercocok tanam bahkan melukis. Tak hanya dapat mengeksplorasi banyak hal, masa pandemi juga jadi kesempatan bagi Moms untuk menambah penghasilan diluar penghasilan utama. Ada beberapa ide usaha menjanjikan saat pandemi yang bisa Moms coba, antara lain :

Frozen food

Saat pandemi ini,  usaha bakso saya mengalami penurunan omzet. Saya menyiasati dengan menjual bakso frozen satu paket bakso berisikan bakso bumbu dan tulangan.  Saya juga menjual steak frozen, Kentang, Sosis dll. Karena sekarang ini orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah jadi, menjual bahan makanan yang tahan lama bisa jadi  pilihan yang tepat. 

Jamu botolan 

Ramuan herbal yang mengandung kunyit, jahe dan temulawak, dipercaya dapat meningkatkan imun apalagi saat pandemi seperti sekarang  ini . Saya mengambil peluang berjualan jamu karena melihat banyaknya permintaan. Awalnya saya buat untuk konsumsi sendiri,  iseng-iseng pasang status eh banyak yang pesan. Alhamdulillah rezeki. 

Baca Juga : Rempah-rempah yang Bisa Ditanam di Rumah

Menerima pesanan makanan 

Saat pandemi ini,  makin banyak teman bahkan tetangga yang memesan makanan matang. Menjual lauk pauk harian semacam catering kecil ini adalah pilihan yang bisa Moms coba, seperti yang saya lakukan. Jika Moms bisa memasak, tidak ada salahnya menawarkan lauk pauk yang Moms buat ke tetangga atau teman-teman. Ini juga yang saya jalani. Alhamdulillahnya tiap hari ada saja pesanan masuk,  jadi saya bisa masak sekalian tanpa harus mengeluarkan uang lagi. 

Jasa backdrop 

Usaha yang lagi laris manis nih di tengah pandemi, karena banyak yang memakai jasa backdrop ini untuk acara lamaran nikahan serta aqiqah. Kita tahu  di tengah pandemi ini,  angka pernikahan meningkat cukup drastis,  namun tidak boleh ada resepsi,  makanya banyak pasangan yang memilih backdrop untuk melengkapi hari bahagianya. 

Jualan online 

Hampir semua orang saat pandemi ini antusias belanja online-nya tinggi, jadi jangan lewatkan kesempatan ini untuk membuka usaha online. Saya berjualan online aneka peyek , sambal cumi, kentang kering , sambal teri kacang, hand sanitizer, masker, dll. Jualan makanan online ini hanya modal foto saja lho Moms. Jadi sistemnya buka pre order  dan bayar dulu. Jadi kalau enggak punya cukup modal aman karena yang beli bayar duluan. 

Ide usaha ini bermunculan secara tidak sengaja.  Awalnya karena iseng,  setiap habis masak apa saja saya foto, jadi banyak yang pesan, ya udah  sekalian saja dijadikan usaha sampingan demi meningkatkan pemasukan. Jualan makanan ini juga tidak memerlukan modal yang banyak. Usaha ini  modal kecil, bisa untung 2 kali lipat, bahkan lebih kalau usaha makanan. 

Selain itu modal nekad saja ya , jangan pernah ragu untuk menjalankan usaha. Ingat 10 pintu rezeki salah satunya dari berniaga atau berjualan. Jangan pernah malu untuk menawarkan dagangan kita ke siapa saja. Biar lebih cepat laris,  bisa dibuatkan kupon, misal beli 3 boks gratis 1, atau beli 2 dapat potongan,  tapi harus dipastikan tidak rugi ya . Semoga bisa menjadi ide usaha baru , jangan pernah ragu untuk usaha ya.  Sekecil apa pun usaha kita,  tetaplah kita bosnya. 

Baca Juga : Manfaat Hobi Berkebun Saat Pandemi