Garam Himalaya merupakan salah satu jenis garam yang butirannya berwarna merah muda, Moms. Dinamakan garam Himalaya karena garam ditambang di Tambang Garam Khewra, dekat Himalaya, Pakistan. 

Tambang ini adalah salah satu tambang garam tertua dan terbesar di dunia. Beberapa Moms memilih mengganti garam meja biasa dengan garam Himalaya karena percaya manfaat garam Himalaya lebih banyak dibanding garam biasa. Benarkah demikian?

Seperti garam meja, garam Himalaya sebagian besar mengandung natrium klorida. Proses pemanenan alami membuat garam ini mengandung lebih banyak mineral lain yang tidak terkandung dalam garam meja biasa. Kandungan mineral yang berbeda inilah salah satu alasan mengapa garam Himalaya berwarna merah muda, Moms.

Baca Juga : 5 Manfaat Garam Bagi Kecantikan

Penelitian menunjukkan bahwa garam Himalaya adalah salah satu garam paling murni yang ada saat ini.

Berikut adalah manfaat garam Himalaya bagi kesehatan:

Membantu detoksifikasi tubuh

Garam Himalaya mengandung lebih dari 80 mineral, termasuk kalium, zat besi, dan kalsium. Semua mineral ini membantu proses detoksifikasi alami tumbuh dan pembuangan bakteri.

Mengandung natrium yang lebih sedikit dan lebih aman bagi tekanan darah tinggi

Garam meja biasa yang diproses umumnya mengandung lebih banyak natrium. Garam Himalaya lebih mudah diproses tubuh karena tidak memerlukan banyak air untuk membersihkan kelebihan natrium. Garam Himalaya juga mengandung yodium alami yang membantu tubuh menyeimbangkan elektrolit, membantu usus menyerap nutrisi, dan menurunkan tekanan darah.

Menghidrasi tubuh

Tubuh orang dewasa rata-rata terdiri dari 65 persen air, jika Moms tidak cukup minum air, tubuh akan merasa lelah, terutama saat Moms berkeringat setelah berolahraga, tubuh Moms kehilangan mineral atau elektrolit. Minum air putih yang dicampur sejumput garam Himalaya dapat membantu memulihkan energi dan menghidrasi tubuh. Cara kerjanya sama dengan minuman isotonic pengganti cairan tubuh.

Baca Juga : Bila Bayi Terkena Dehidrasi

Menyehatkan pencernaan

Kandungan mineral dalam garam Himalaya membantu menyeimbangkan kadar pH tubuh. Ketika kadar pH seimbang, tubuh memiliki sistem kekebalan yang lebih baik, serta lebih mampu memproses dan mencerna makanan

Meningkatkan kualitas tidur

Jika Moms sering terbangun di malam hari atau tidur tidak nyenyak, bisa jadi disebabkan oleh asupan garam ke dalam tubuh. Antara pukul 2 dan 4 pagi, reaksi biokimia yang terjadi dalam tubuh karena tingginya hormon stres menyebabkan gangguan tidur. Studi menunjukkan bahwa kekurangan natrium menyebabkan volume darah menurun di sistem saraf simpatik yang mengaktifkan respon siaga (fight or flight).

Baca Juga : Dampak Stres Selama Hamil pada Perkembangan Bayi

Walau begitu, secara keseluruhan, manfaat garam Himalaya dan garam meja biasa tak jauh berbeda, Moms. Perbedaan kandungan mineral dalam garam Himalaya tidak terlalu signifikan. Namun, Moms bisa memilih garam Himalaya sebagai garam alami di rumah. Garam apa pun, perlu diingat takaran konsumsi hariannya ya, Moms. Organisasi kesehatan dunia (WHO) menganjurkan untuk membatasi konsumsi sodium 2.400mg atau sekitar 1 sendok teh garam per hari.