Apalah artinya makanan tanpa garam, hambar. Begitu banyak manfaat garam, dari melezatkan makanan hingga kecantikan. 

Menurut Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian dermatologi di Mount Sinai Hospital New York City, garam alami mengandung mineral seperti kalium, magnesium, dan kalsium yang dapat mengurangi peradangan, mencerahkan, dan mengencangkan kulit.

Garam laut juga merupakan eksfoliator yang baik dan memiliki sifat antimikroba. Berikut adalah manfaat garam bagi perawatan tubuh:

Meringankan mata bengkak

Penyembuhan pertama pada mata bengkak dapat menggunakan garam, Moms. Garam mengandung antiinflamasi sehingga dapat menyerap kelebihan cairan pada mata bengkak. 

Tambahkan setengah sendok teh garam ke dalam air hangat, lalu gunakan kapas untuk meletakkannya pada bagian yang bengkak. Setelah dingin, rendam kembali bola kapas dan letakkan di mata. Ulangi perawatan ini setidaknya selama setengah jam.

Baca Juga : Masker Alami untuk Kulit Glowing

Melembutkan kulit

Garam adalah eksfoliator alami yang dapat mengangkat sel kulit mati. Selain itu, garam juga memiliki mineral untuk melembutkan dan mengembalikan hidrasi kulit. 

Caranya, campurkan seperempat cangkir garam dan setengah cangkir minyak zaitun hingga kental. Gosok dengan lembut pada kulit Moms saat mandi.

Menenangkan tubuh

Garam juga dapat menyerap kotoran, debu, dan racun, serta membersihkan pori-pori kulit secara keseluruhan. Mineral yang terkandung dalam garam membantu mengembalikan pelindung pada kulit dan menjaganya tetap terhidrasi. 

Saat mandi, Moms dapat menambahkan sepertiga cangkir garam Epsom ke dalam bak air hangat, larutkan. Setelah itu, berendam selama 15 sampai 30 menit.

Baca Juga : Merawat Wajah Agar Tidak Kusam

Mengurangi ketombe

Tak hanya bagi kulit, garam juga bisa mengurangi masalah ketombe. Kandungannya juga menyerap minyak berlebih dan melembapkan kulit kepala untuk mencegah tumbuhnya jamur dan menghambat akar ketombe. 

Sebelum mencuci rambut, Moms dapat menaburkan satu sendok the garam pada kulit kepala. Pijat-pijat menggunakan jari tangan yang basah dengan lembut dan merata selama 10 sampai 15 menit, Moms. Setelah itu, cuci rambut dengan sampo, dilanjutkan dengan conditioner. 

Memutihkan kuku

Pada kuku, garam dapat melembutkan kutikula, kulit, dan memperkuat kuku. Moms dapat mencampurkan satu sendok teh garam, soda kue, dan perasan lemon ke dalam air hangat. Rendam kuku selama 10 menit, setelah itu lembapkan kuku. Campuran ini bisa Moms gunakan jika terdapat noda kuning di kuku.

Baca Juga : Perawatan Kulit Saat #DiRumahAja