Sebagian besar orang Indonesia menyimpan setidaknya satu botol kecil minyak kayu putih untuk digunakan sewaktu-waktu masuk angin atau sakit kepala, Moms. Namun, tahukah Moms, masih ada manfaat minyak kayu putih yang jarang diketahui.  

Minyak kayu putih atau cajuput oil ini dihasilkan dari penyulingan daun dan ranting pohon minyak kayu putih. Biasanya orang menggunakan minyak kayu putih untuk pilek dan hidung tersumbat, sakit kepala, sakit gigi, meredakan gatal di kulit akibat gigitan serangga, nyeri, dan kondisi lainnya, bagaimana cara kerjanya?

Baca Juga: 10 Manfaat Minyak Kutus Kutus

Minyak kayu putih mengandung bahan kimia yang disebut cineole. Saat dioleskan ke kulit, cineole menimbulkan sensasi hangat dan mengurangi rasa sakit di kulit. Meski demikian, penggunaan pada bayi sebaiknya dilakukan dengan hati-hati ya, Moms, karena kemungkinan menyebabkan alergi pada beberapa orang. 

Minyak ini juga dikenal karena kualitas antiseptik dan analgesiknya, serta dianggap bersifat anti-inflamasi, sehingga sering digunakan untuk membantu mengobati luka kulit ringan dan hidung tersumbat. 

Selain itu, minyak kayu putih juga memiliki beberapa manfaat yang jarang diketahui. Simak manfaat minyak kayu putih berikut, yuk!

Minyak kayu putih untuk kulit 

Minyak kayu putih untuk kulit dapat digunakan sebagai antiseptik. Penelitian menunjukkan bahwa minyak ini memiliki sifat antibakteri.  Sehingga mampu meredakan luka kecil, goresan akibat gigitan serangga, serta membantu mencegah infeksi. Minyak kayu putih juga memiliki efek antijamur dan antivirus pada kulit.

Sifat anti-inflamasi atau anti-radang, serta anti-bakteri pada minyak kayu putih bahkan bisa meredakan jerawat dengan membunuh bakteri penyebab jerawat pada permukaan dan pori-pori kulit tanpa menyebabkan iritasi, Moms. Caranya, cuci muka dengan sabun muka, lalu keringkan. Gunakan cotton bud untuk mengoleskan minyak kayu putih secukupnya. Lakukan ini sebelum tidur.

Baca Juga: Jenis Minyak Alami untuk Perawatan Kulit, Simak Yuk!

Minyak kayu putih untuk rambut

Manfaat satu ini mungkin tidak setenar fungsi minyak kayu putih lainnya. Kualitas minyak kayu putih juga bermanfaat bagi perawatan rambut, terutama kesehatan kulit kepala dan pertumbuhan rambut. Minyak ini membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga tidak ada penumpukan racun dan kotoran di kulit kepala, akar rambut pun mendapat nutrisi dan oksigen yang cukup untuk merangsang pertumbuhan rambut. Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri minyak kayu putih juga menguatkan akar rambut, sehingga mengurangi kerontokan. 

Moms bisa mengencerkan minyak kayu putih untuk rambut, atau meneteskannya ke dalam sampo, cuci rambut sambil dipijat. Untuk hasil maksimal, campurkan 10 tetes minyak kayu putih dengan 2 sdm minyak zaitun, lalu oleskan pada rambut yang sudah dicuci bersih. Pijat lembut lalu diamkan selama beberapa saat.

Baca Juga: Cara Membuat Rambut Bayi Lebat

Namun mesti diperhatikan bahwa minyak kayu putih adalah obat luar alias tidak boleh diminum ya, Moms.