Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua orang yang ingin mendapatkan keturunan yang sehat. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa diet yang didominasi pangan nabati memiliki kemungkinan yang lebih baik untuk meningkatkan kesuburan.

Baca Juga : Merencanakan Kehamilan dan Kesuburan Saat Pandemi

Nah, memasukkan buah-buahan ke dalam diet harian Moms yang sedang program kehamilan adalah salah satu usaha yang bisa ditempuh. Kira-kira apa saja ya, buah untuk program hamil yang bisa Moms coba? Mari kita simak bersama. 

Buah kaya vitamin A 

Vitamin A  merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kualitas sel telur wanita lho, Moms. Setiap hari kita direkomendasikan mengonsumsi vitamin A sebanyak 600 RE. Contoh buah yang kaya vitamin A yang mudah kita temukan adalah mangga, melon jingga (cantaloupe), anggur merah, jeruk, dan pepaya. 

Buah kaya vitamin B6 

Wanita-wanita yang punya masalah kesuburan rata-rata memiliki kadar vitamin B6 yang rendah dalam tubuhnya. Nah, makanya mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin B6 baik saat program hamil, Moms! Pisang adalah salah satu buah untuk program hamil yang mengandung vitamin B6, sehingga cocok untuk dijadikan pilihan camilan sehat Moms yang sedang program hamil.

Baca Juga : Hindari Makanan Ini untuk Kesehatan Sperma

Buah kaya folat 

Folat adalah salah satu mikronutrien yang penting saat pembentukan janin dan mengurangi risiko cacat lahir. Moms yang sedang menjalankan program hamil disarankan untuk konsumsi folat 400 mcg sehari. Kadar folat yang lebih tinggi juga diasosiasikan dengan fertilitas yang lebih baik. Salah satu buah yang punya kadar folat yang cukup tinggi adalah buah alpukat. Tidak hanya kaya folat, buah alpukat juga mengandung asam lemak yang baik untuk mendukung fertilitas wanita. Tidak heran alpukat sering disebut saat bicara tentang program hamil ya, Moms.

Baca Juga : Manfaat Alpukat untuk Program Hamil

Selain rutin mengonsumsi buah untuk program hamil di atas, Moms sebaiknya juga mengurangi asupan karbohidrat sederhana. Hal ini karena karbohidrat sederhana memiliki kadar indeks glikemik tinggi yang diasosiasikan dengan infertilitas. Tidak hanya itu, rutin berolahraga dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yang lain juga bisa membantu kesuksesan program hamil yang sedang Moms jalankan, lho! Jangan lupa kelola stres dan tetap berdoa. Semoga berhasil, Moms!