Tahukah Moms, diet yang Moms jalankan sebelum masa pra-konsepsi punya pengaruh yang besar pada fertilitas, juga kelancaran proses kehamilan, kelahiran, bahkan hingga menyusui nantinya? 

Nutrisi yang Moms persiapkan sebelum terjadinya kehamilan berpengaruh tidak hanya pada perkembangan janin dan bayi Moms nantinya, tetapi juga pada kesehatan fisik dan mental Moms sendiri. Oleh karenanya, sangat disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat dengan gizi seimbang yang kaya dengan mikronutrien dan makronutrien,  bahkan sebelum proses konsepsi dilakukan. 

Nah, saat bicara bahan pangan yang baik untuk program hamil, buah alpukat sering banget nih, disebut-sebut. Ternyata, buah bertekstur lembut ini memang baik dikonsumsi saat sedang program hamil karena memiliki banyak manfaat, Moms. Apa saja ya manfaat alpukat untuk program hamil? Ayo kita simak bersama ulasannya.

Baca Juga : Mitos dan Fakta Seputar Kesuburan

Memenuhi kebutuhan serat 

Dalam sebuah penelitian lama pada tahun 2009, ditemukan bahwa serat larut seperti yang dimiliki oleh alpukat, oat, ubi manis, dan buah-buahan punya potensi untuk menurunkan estrogen dan progesteron, dua hormon yang berperan dalam hal kesuburan.

Memenuhi kebutuhan nutrisi 

Alpukat adalah buah yang kaya nutrisi. Dalam 40 gr alpukat saja sudah mengandung 64 kalori, 6 gram lemak, hampir 3 gram serat, dan hampir 20 vitamin dan mineral. Kandungan lemak yang dipunya alpukat juga baik untuk kesehatan dan bisa membantu Moms untuk merasa kenyang lebih lama! 

Mencukupi kebutuhan folat 

Salah satu alasannya kenapa banyak yang menyarankan alpukat untuk program hamil adalah karena kandungan folat yang dimilikinya. Folat berperan penting dalam kehamilan dan pertumbuhan bayi yang sehat. Folat juga diketahui memiliki fungsi mengurangi kejadian defek tuba neural dan keguguran.

Baca Juga : Pentingnya Asam Folat saat Promil

Mengandung MUFA dalam jumlah yang cukup 

Alpukat adalah satu jenis bahan pangan yang kaya kandungan lemak tak jenuh tunggal atau disebut juga dengan MUFA (Monounsaturated Fatty Acid). Bahkan dua pertiga kandungan lemak yang dimiliki alpukat adalah MUFA lho, Moms.  Menurut penelitian, MUFA dan diet rendah gula memiliki efek baik untuk meningkatkan kesuburan. Nah, ternyata memasukkan alpukat untuk program hamil dan diet pra-konsepsi adalah pilihan yang baik ya, Moms! Tidak hanya enak dijadikan smoothies, alpukat juga cocok sebagai salad. 

Moms sendiri lebih suka mengonsumsi buah bergizi ini dengan cara apa?

Baca Juga : Hindari Makanan Berikut Ketika Promil, Moms