Anak bisa mengalami demam kapan saja dan tidak mengenal waktu. Demam sendiri biasanya tidak membahayakan dan bisa menjadi hal yang baik karena itu merupakan tanda bahwa tubuh anak sedang melawan infeksi. Bisa dibilang, demam adalah salah satu cara tubuh anak membangun sistem kekebalan tubuhnya.

Meski begitu, tetap saja ketika anak demam,  Moms merasa khawatir. Apalagi ketika demam datang secara tiba-tiba pada malam hari, padahal pagi harinya anak tampak sehat, ceria dan lincah. Demam pada malam hari kerap diawali dengan anak yang terbangun di tengah malam dengan wajah yang memerah, panas dan berkeringat, serta rewel. Bila mendapati kondisi seperti ini, apa yang sebaiknya Moms lakukan?  Pertama-tama ukur suhu tubuh anak dengan  termometer. Demam terjadi ketika subu tubuh mencapai 37°C.

Moms juga perlu tahu bahwa suhu tubuh pada pagi dan malam hari itu berbeda. Biasanya suhu tubuh lebih rendah di pagi hari dan sedikit lebih tinggi di malam hari, dan dapat bervariasi saat anak bermain, berlarian dan berolahraga. Apakah kondisi ini memengaruhi?

Baca Juga : Cara Cepat Redakan Demam

Jika anak demam hanya di malam hari, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya Moms. Berikut ini beberapa kemungkinannya:

Infeksi 

Kebanyakan demam disebabkan oleh infeksi atau penyakit lain. Demam membantu tubuh untuk melawan infeksi dengan merangsang mekanisme pertahanan alami.  Ada beberapa kemungkinan infeksi yang terjadi pada malam hari, yaitu:

-Infeksi saluran pernapasan atas

Demam yang muncul di malam hari biasanya merupakan gejala infeksi saluran pernapasan atas dan pilek. Tapi demam pada malam hari bisa juga disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan yang lebih serius seperti laring, trakea, bronchitis atau lainnya. Untuk membedakannya, lihat berapa lama demam terjadi.  Pilek umumnya hanya menyebabkan demam 3x24 jam. Jika lebih dari itu, bisa jadi ada infeksi  lain.

-Infeksi saluran kemih

Moms bisa mencurigai anak mengalami infeksi ini jika demam disertai dengan rasa pada saluran kemih. Segera periksakan anak ke dokter untuk mendapatkan obat-obat tertentu karena infeksi saluran kemih tidak bisa sembuh dengan sendirinya.

-Infeksi kulit

Demam pada malam hari juga bisa disebabkan oleh infeksi kulit. Coba Moms amati  tubuh anak, apakah ada luka? Jika ada, bisa jadi dari luka tersebut munculnya demam. Segera obati lukanya untuk mengurangi infeksi.

Bakteri 

Kemungkinan ada bakteri yang disebut pirogen, masuk ke dalam tubuh. Bakteri dari luar ini memancing tubuh untuk memproduksi bakteri pirogen sendiri sehingga terjadi kenaikan suhu tubuh yang disebut demam.

Peradangan

Peradangan juga bisa menyebabkan demam pada anak hanya di malam hari saja. Jika anak memiliki alergi, seperti asma dan rhinitis,  bisa jadi reaksi alergi yang menjadi penyebabnya.

Pakaian tebal

Tidak selalu karena infeksi, terkadang pakaian tebal atau suhu kamar yang panas, bisa menyebabkan suhu tubuh anak naik, terutama pada bayi baru lahir. Karena tidak seperti anak yang lebih besar, bayi belum bisa mengatur suhu tubuh mereka. Namun, karena demam pada bayi baru lahir dapat menandakan adanya infeksi yang serius, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter jika mengalami demam.

Imunisasi

Bayi dan anak terkadang mengalami demam ringan di malam hari setelah divaksinasi.

Jadi Moms, amati gejala yang muncul saat anak demam. Moms bisa memberikan obat pereda demam yang aman untuk anak. Jika demam anak tak kunjung turun 3x24 jam, segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga : Mengenal Obat Penurun Panas