Gluten adalah protein yang dapat kita temukan dalam tanaman gandum, barley, dan rye. Selama satu dekade ke belakang, popularitas makanan-makanan yang diklaim bebas gluten meningkat seiring peningkatan kesadaran terhadap keberadaan gluten. 

Sebenarnya terdapat silang pendapat  para ahli mengenai gluten ini, Moms. Yang pertama berpendapat bahwa gluten tidak berbahaya jika kita tidak memiliki penyakit seliak atau sensitivitas terhadap gluten. Pendapat lainnya, berkata bahwa paparan gluten secara kontinu menyebabkan peningkatan permeabilitas usus atau “leaky gut” dan menyebabkan inflamasi yang berujung pada berbagai penyakit kronis seperti autoimun. 

Apabila si Kecil memiliki penyakit seliak atau sensitivitas terhadap gluten, Moms tidak punya pilihan selain memastikan seluruh makanannya bebas gluten. Tapi jika Moms dan keluarga merasa selama ini telah over konsumsi gluten, dan memilih mengonsumsi makanan bebas gluten sebagai variasi juga bukanlah ide yang buruk. 

Nah, mungkin Moms yang baru mengenal diet bebas gluten masih bingung mau memberikan camilan apa yang aman untuk si Kecil. Berikut ini beberapa ide camilan tanpa gluten yang bisa Moms coba. 

Kue Putu 

Kue berwarna hijau ini adalah kue tradisional yang banyak disukai anak-anak karena kelegitannya. Berbahan utama tepung beras dan gula merah, kue putu adalah camilan tanpa gluten yang bisa Moms berikan pada si Kecil. 

Lupis Ketan 

Makanan yang sering dibentuk segitiga ini adalah camilan berbahan dasar ketan. Ketan meskipun kenyal, tetapi tidak mengandung gluten, sehingga bisa dijadikan alternatif camilan bebas gluten untuk si Kecil. 

Kue Talam 

Kue talam dibuat menggunakan ubi, tepung kanji, dan tepung beras. Baik tepung beras, ubi, maupun tepung kanji semuanya tidak mengandung gluten. 

Tapai Panggang 

Tapai adalah makanan fermentasi singkong yang rasanya manis. Selain bisa dikonsumsi langsung, tapai juga bisa dipanggang bersama minyak samin (ghee) lho, Moms. Untuk menambahkan kelezatannya, setelah dipanggang bisa ditaburi parutan keju, yummy! 

Klepon 

Bulat dan berwarna hijau, rasanya tidak ada orang Indonesia yang tidak mengenal klepon. Kue manis ini berbahan dasar tepung ketan dan tepung sagu sehingga tidak mengandung gluten. Nah itu dia beberapa pilihan camilan tanpa gluten yang bisa dikonsumsi oleh Moms dan si Kecil yang memutuskan untuk diet bebas gluten. Selamat mencoba. 

Baca Juga :Resep Camilan Ubi Kekinian