Slime, mainan kenyal yang mirip lendir ini memang asyik dimainkan. Tidak hanya anak kecil, banyak remaja dan orang dewasa juga suka memainkan slime. Meski banyak dijual bebas di pasaran, Moms bisa membuat slime sendiri di rumah, lho. Caranya mudah dan bahan-bahannya bisa kita temukan dengan mudah. Berikut ini cara membuat slime. 

Slime Tanpa Lem Dan Borax

Bahan : 

400 ml air bersih 

2 gelas tepung kanji 

2 sdt pewarna makanan (warna sesuai yang diinginkan) 

150 gram minyak goreng 

Cara membuat: 

Masukkan tepung kanji ke dalam wadah (baskom),  lalu tambahkan air perlahan-lahan sambil diaduk (tangan atau sendok) agar tidak menggumpal. Tambahkan minyak goreng, sampai dirasa kenyalnya pas. Tambahkan pewarna ke dalam adonan. 

Slime dari lem povinal 

Bahan : 

5 botol lem povinal

2 gelas air 

Secukupnya baking powder 

2 sdt pewarna makanan 

Cara membuat : 

Masukkan lem povinal ke dalam wadah (baskom) lalu tambahkan air secara perlahan sambil diaduk. Tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan sambil tetap diaduk. 

Pindahkan slime ke dalam wadah tertutup. Diamkan selama 30 menit. Slime siap dimainkan. 

Slime dari Lem Fox 

Bahan : 

3 sdm lem Fox

3 sdt air

8 tetes obat mata

1 sdt baking powder

2 sdt sabun cair

Secukupnya baby oil

1 sdt pewarna makanan 

Cara membuat :

Masukkan lem fox ke dalam wadah (baskom) dan air bersih sambil diaduk rata. Tambahkan baking powder ke dalam adonan. Aduk hingga rata. Tambahkan obat tetes mata, sabun cair, dan pewarna akan sambil diaduk. Aduk hingga rata. Tambahkan baby oil sambil terus diaduk. Aduk hingga rata dan bisa dibentuk. 

Mudah bukan membuat slime? Jika ingin slime beraroma wangi,  bisa ditambahkan minyak wangi / ekstra vanili. 

Selain slime,  ada lagi permainan dengan tekstur mirip slime yaitu playdough. Mainan ini dapat menghilangkan stres dan  melatih imajinasi dan kreativitas anak. Jika Moms  merasa khawatir playdough yang dibeli di pasaran terdapat kandungan kimia yang berbahaya bagi anak, Moms bisa membuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan. 

Bahan-bahan untuk membuat slime: 

125 gram tepung terigu 

100 ml air matang

1 sdt pewarna makanan 

1 sdt minyak goreng

Cara membuat: 

Bagaimana Moms? Mudah, bukan? Bahan-bahannya pun mudah didapatkan dengna harga yang murah. Moms bisa membuat mainan tersebut di rumah bareng si Kecil untuk mengisi akhir pekan. Semoga dapat membantu para Moms yang sedang mencari ide bermain bersama si Kecil.

Baca Juga : Mainan Anak dari Bahan Dapur