Apakah Moms pernah mengajak si Kecil menabung untuk mendapatkan sesuatu yang ia inginkan? Kalau pernah, itu cara yang bagus, Moms.

Menabung adalah cara positif yang dapat Moms ajarkan pada anak sejak usia dini.  Dengan menabung, Moms juga mengajarkan pada si Kecil tentang arti kesabaran, bahwa sesuatu yang dia inginkan, tidak semua bisa didapatkan secara instan, tetapi harus melalui sebuah proses. 

Mengajarkan menabung pada si Kecil ada cara dan tahapannya Moms. Apa saja tahapan dan caranya? Yuk, simak penjelasan berikut: 

Kenalkan pada uang 

Sebelum mengajak si Kecil untuk menabung, Moms harus mengenalkan mereka pada uang. Jelaskan pada si Kecil  bahwa uang adalah alat tukar atau sebagai alat pembayaran. Moms bisa menjelaskan padanya, jika kita ingin membeli permen maka membutuhkan uang untuk membayarnya. Pengenalan uang ini bisa Moms lakukan dengan bermain jual dan beli. Nah di sini, Moms bisa menjelaskan beberapa jenis uang yang biasa kita gunakan untuk membeli sebuah barang atau keperluan lainnya. 

Mari menabung!

Setelah menjelaskan apa itu uang, maka kini saatnya Moms mengajak si Kecil untuk menabung. Moms bisa menjelaskan kepada mereka, bahwa menabung adalah sebuah proses untuk membeli barang yang mereka inginkan,  dengan harga yang telah ditentukan. Moms bisa menjelaskan kepada si Kecil, bahwa dengan menabung beberapa lembar uang dari sisa uang jajan, maka mereka bisa membeli barang yang diinginkan. 

Siapkan celengan lucu 

Saatnya si Kecil memiliki celengan untuk menyimpan uang dari jajannya nih, Moms! Yuk, coba hadiahkan kepada mereka celengan lucu agar mereka bersemangat untuk menabung. Saat ini banyak jenis celengan lucu yang membuat si Kecil tertarik untuk menyimpan uang mereka di dalamnya. Moms juga bisa memilih karakter celengan dari tokoh kartun yang mereka suka.

Ajak menabung di bank 

Sesekali cobalah ajak si Kecil untuk menabung  ke bank.  Tentu ia akan bertanya-tanya mengapa kita harus menyimpankan uang ke bank. Nah, di sini  Moms bisa menjelaskan, bahwa menyimpan uang di bank bisa lebih aman dibandingkan menyimpannya di rumah. Atau Moms juga bisa membukakan buku rekening untuk si Kecil, agar mereka bisa menabung ke bank juga. 

Ajarkan untuk beramal 

Dengan mengajarkan si Kecil menabung sejak dini, ada kebiasaan baik lagi yang dapat Moms ajarkan pada si Kecil yaitu menyisihkan duit tabungannya untuk yang membutuhkan. Jika kebiasaan baik ini ditanam sejak kecil, maka si Kecil akan selalu senang untuk berbagi bersama orang lain. 

Sangat mudah bukan, mengajarkan si Kecil pada kebiasaan baik untuk menabung? Jika ditanamkan sejak dini, kebiasaan menabung akan terus dia lakukan hingga dewasa. Semoga bermanfaat. 

Baca Juga :Pentingnya Kebiasaan Menabung Sejak Dini