Pola tidur bayi dengan orang dewasa, berbeda, Moms. Bayi memiliki siklus tidur yang lebih pendek daripada orang dewasa,  dan menghabiskan lebih banyak waktu dalam tidur ringan. Inilah sebabnya si Kecil yang masih bayi  akan lebih banyak  menangis, mendengus, atau membuat suara lain dalam tidurnya.

Di bawah ini akan dikemukakan mengenai pola tidur anak bayi usia 0 hingga 12 bulan ke atas. Ini hanya pola tidur rata-rata ya Moms… karena sebenarnya tidak ada pola tidur normal yang menjadi patokan pasti untuk bayi dan anak kecil. Jadi, jika bayi Moms memiliki pola tidur yang berbeda dari yang diberikan berikut ini, Moms jangan  terlalu khawatir.

Pola tidur bayi baru lahir (0-1 bulan)

Tidur tidak dapat diprediksi pada bulan pertama kehidupan anak. Seringkali diselingi oleh periode bangun yang singkat, diikuti dengan tidur siang dan waktu tidur yang lebih lama. Beberapa bayi malah  tampak bingung antara siang dan malam, Moms.  Dan, menangis saat tidur adalah hal biasa.

Bayi di usia ini biasanya bangun setiap 2-3 jam, dan terkadang bahkan lebih sering. Ini ia lakukan untuk menyusu kepada Moms.

Untuk mengurangi kemungkinan bangun di malam hari, Moms sudah bisa mencoba membuat rutinitas pengaturan pola tidur. Misalnya membuatnya lebih banyak terjaga di siang hari. Tapi, jangan kesal jika  si Kecil tetap sering bangun di malam hari. Pada usianya ini, jadwal tidur yang teratur atau tidur dalam waktu lama di malam hari memang masih sulit untuk diharapkan.

Pola tidur bayi baru lahir usia 1–3 bulan

Bayi baru lahir berusia 1-3 bulan masih menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar kandungan. Beberapa mulai mengembangkan jadwal tidur yang teratur, meskipun tidur sepanjang malam sepertinya tetap belum bisa Moms harapkan dari si Kecil.

Pada usia ini, bayi masih sering menangis saat tidur atau bangun menangis jika lapar. Sesi tidur biasanya berlangsung selama 3,5 jam atau kurang, Moms.

Pola tidur bayi baru lahir usia 3 – 7 bulan

Pada usia ini, si Kecil mulai memiliki jadwal tidur yang teratur, Moms. Beberapa bayi mulai tidur lebih lama atau tidur sepanjang malam. Tapi, beberapa bayi mungkin belum bisa tidur teratur.

Malah ada pula beberapa bayi yang juga mengalami regresi tidur pada usia sekitar 4 bulan. Regresi tidur ini mengubah pola tidurnya.

Bila Moms memiliki bayi kisaran usia ini, Moms akan melihat bayi kecil ini akan punya  jadwal dua kali tidur siang setiap hari dan periode tidur yang lebih lama di malam hari. Di usia ini, menetapkan rutinitas harian dan rutinitas tidur malam hari akan sangat membantu.

Pola tidur bayi baru lahir usia 7 – 12  bulan

Begitu si Kecil memasuki usia 9 bulan, Moms dapat mengharapkan bisa  mengucapkan bye-bye untuk mata panda. Karena, sebagian besar bayi pada usia ini akan tidur sepanjang malam. 

Pada usia sekitar satu tahun, beberapa bayi hanya tidur satu kali per hari untuk tidur siangnya. Beberapa bayi lainnya, mungkin, membutuhkan dua tidur siang per hari hingga tahun kedua kehidupan mereka, Moms.

Pola tidur bayi baru lahir usia 12 bulan ke atas

Mulai memasuki fase bayi balita, si Kecil membutuhkan 12-14 jam tidur per hari, dibagi antara tidur siang dan tidur malam. Sebagian besar jatuh ke tidur siang setiap hari pada usia 18 bulan, Moms.

Si Kecil mungkin mengalami perubahan sesekali dalam kebiasaan tidurnya ketika sesuatu mengganggu rutinitas dirinya, seperti sedang sakit, atau mengalami  perubahan perkembangan yang besar. Ini akan mengakibatkan si kecil lebih banyak menangis dari biasanya.

Si Kecil yang rutin tidur sepanjang malam, misalnya, mungkin bangun jam 3 pagi siap bermain selama beberapa malam.

Pola tidur berubah dengan cepat selama 3 tahun pertama kehidupan. Dan, seringkali  masing-masing anak itu memiliki  pola tidur berbeda, sesuai aktivitas yang dilakukannya. Jumlah tangisan saat tidur juga akan berubah seiring waktu.

Norma budaya dan keluarga juga dapat memengaruhi ekspektasi tidur anak. Moms dapat memilih strategi tidur yang sesuai untuk kebiasaan keluarga, budaya, dan kebutuhan serta kepribadian bayi kecil Moms sendiri. 

Untuk kesehatan si Kecil, tak ada salahnya Moms konsultasikan pola tidur si Kecil dikaitkan dengan kesehatan dan tumbuh kembangnya. 

Baca Juga :Cara Atasi Regresi Tidur pada Bayi