Salah satu aktivitas yang disukai si Kecil adalah mendengarkan cerita dongeng , dengan mendengarkan dongeng si Kecil dapat melatih rasa ingin tahu dan imajinasinya . salah satu dongeng yang cocok untuk si Kecil adalah cerita fabel , cerita mengenai binatang yang memiliki pesan dan moral sehingga si Kecil tidak hanya mendengarkan cerita tetapi dapat belajar suatu hal dari cerita tersebut.

Yuk Moms kita simak apa saja cerita fabel untuk si Kecil

1. Cerita Fabel pada Zaman dahulu tentang Lebah dan Semut

Dahulu pada zaman Nabi Sulaiman, hiduplah lebah yang banyak sekali. Salah satu di antara lebah itu adalah Dodo. Dodo adalah anak lebah yang telah ditinggal mati ibunya. Waktu itu ibunya meninggal karena digigit kalajengking. Kini ia hidup sebatang kara. Oleh karena itulah ia memutuskan untuk hidup mengembara. Hingga akhirnya ia tiba di gurun pasir yang luas. Di tengah gurun itu Dodo merasa haus dan kelaparan

“Aku harus segera mencari makan dan air, tapi aku harus mencari di mana?” pikir Dodo dalam hati.

Tetapi Dodo tidak mau menyerah begitu saja. Ia bersikeras untuk mencari makanan dan air. Setelah cukup lama terbang, dari kejauhan Dodo melihat air dan makanan.Namun setelah mendekat, ternyata yang dilihatnya itu hanyalah hamparan pasir yang sangat luas. Maka dengan rasa kecewa, Dodo kembali lagi terbang menyelusuri gurun.Tak berapa lama kemudian ia langsung bertemu dengan seekor semut yang sedang kesusahan membawa telurnya. Dodo pun mendekati semut itu.

“Hai, semut. Siapakah namamu?” tanya Dodo ke semut

“Namaku Didi. Namamu siapa?” semut pun menjawab

“Aku Dodo. Maukah kamu menjadi sahabatku?” Didi mengangguk senang.

“Baguslah! Kalau begitu mari kita mencari air dan makanan bersama?” Didi kembali mengangguk.

Kemudian mereka bergegas pergi untuk mencari makanan. Setelah cukup lama menyusuri gurun, mereka menemukan sebuah mata air yang berair bersih dan segar. Di samping mata air itu terdapat sebatang pohon kurma yang berbuah lebat dan sangat manis. Didi dan Dodo sangat gembira. Mereka segera minum dan makan sepuasnya. Setelah mereka benar-benar kenyang, mereka segera mencari tempat tinggal.Dua hari kemudian mereka menemukan sebuah tempat tinggal yang menurut mereka layak untuk ditempati, yaitu di sebuah padang rumput yang luas. Mereka disana tidak akan kekurangan makanan lagi karena di tepi padang rumput itu terdapat banyak pohon buah-buahan dan sebuah mata air yang sangat bersih. Didi dan Dodo hidup dengan rukun. Semakin hari persahabatan mereka semakin erat. Mereka pun hidup dengan aman, tenteram dan bahagia selamanya.

"Pesan moral dan pelajaran yang bisa kita ambil dari cerita fabel singkat bermakna dari buaya yang serakah adalah kalau kita sudah menerima apapun meskipun kecil atau meskipun sedikit berterimakasihlah dan bersyukurlah dengan apa yang sudah kita dapat"

2. Cerita Fabel Gagak Meniru Elang

Seekor burung Elang, dengan kekuatan sayapnya menyambar seekor anak domba dengan kukunya dan membawanya pergi jauh ke angkasa, seekor burung gagak melihat kejadian itu, dan terbayang dibenaknya sebuah gagasan bahwa dia mempunyai kekuatan untuk melakukan hal yang sama dengan burung elang tersebut. Dan dengan membuka sayapnya lebar-lebar kemudian terbang di udara dengan galaknya, dia meluncur kebawah dan dengan cepat menghamtam bagian punggung seekor domba. Tetapi ketika dia mencoba untuk terbang kembali dia baru sadar kalau dia tidak bisa mengangkat domba tersebut dan dia tidak dapat terbang lagi karena kukunya telah terjerat pada bulu domba.

Walaupun dia mencoba untuk melepaskan dirinya, jeratan itu terlalu sulit untuk dilepaskan sehingga dia merasa putus asa dan tetap tinggal di atas punggung domba tersebut. Seorang pengembala yang melihat lantas bergerak mendekatinya. burung gagak itu mengibas-ngibaskan sayapnya berusaha melepaskan diri, pengembala itu menyadari apa yang telah terjadi. Pengembala itupun berlari dan segera menangkap burung itu lalu mengikat dan mengurung burung gagak tersebut, setelah menjelang sore dia memberikan burung gagak itu kepada anak-anaknya di rumah untuk bermain.

“Betapa lucunya burung ini!” mereka sambil tertawa, “ini disebut burung apa ayah?”

“itu burung gagak, anakku. Tetapi jika kamu bertanya kepadanya, dia akan menjawab dia adalah seekor burung elang.”

"Pesan moral dan pelajaran yang bisa kita ambil dari cerita dongeng fabel gagak meniru elang adalah setiap mahluk memiliki kemampuan yang berbeda, maka janganlah iri dengan kemampuan mahluk lain".

Itulah beberapa contoh cerita fabel singkat yang bisa dibacakan untuk si Kecil Moms.

Baca Juga :Rekomendasi Fabel Pengantar Tidur dan Pesan Moralnya