Anak mengalami demam pada malam hari pasti membuat para orang tua panik dan gelisah. Demam sering diartikan sebagai suatu kondisi dimana suhu tubuh meningkat di atas normal. Normalnya suhu normal tubuh anak berkisar antara 36,2 oC sampai 37,5 oC. Suhu tubuh yang meningkat dikarenakan adanya infeksi dari bakteri atau virus.

Nah, jangan panik, para orang tua dapat melakukan beberapa langkah untuk menurunkan panas buah hati anda. Ada pun cara mengatasi anak demam di malam hari dapat anda lakukan sebagai langkah pertolongan pertama, setidaknya sebelum pergi ke dokter anak atau dokter umum.

Meringankan Gejala Demam Pada Anak

Pada umumnya demam pada anak tidak memerlukan perawatan khusus, kecuali jika diikuti adanya gejala dan kondisi yang memperparah. Namun, anda pun dapat membantu meringankan demam pada anak. Berikut beberapa cara mengatasi anak demam di malam hari yang dapat anda lakukan sendiri.

Walaupun tidak diwajibkan untuk selalu memantau suhu tubuh anak pada saat anak anda sedang tertidur pulas dan Anda merasa suhunya tidak terlalu tinggi. Namun, sebaiknya hal ini harus anda dilakukan jika anak anda dalam keadaan tampak lemas. Usahakan untuk tidak memakaikan pakaian tebal pada anak atau menggunakan selimut tebal, karena hal hanya akan membuat suhu tubuh anak anda makin meningkat.

Saat demam, tubuh dapat kehilangan cairan secara cepat sehingga menyebabkan dehidrasi. Apalagi pada anak, jika terjadi dehidrasi akan menyebabkan komplikasi serius dan dapat membuat kondisi semakin buruk. Untuk itu, hindarkan anak anda dari gejala dehidrasi dengan terus mendorong anak agar tetap mau minum air atau susu (bagi anak yang masih menyusui).

Menggunakan paracetamol untuk menurunkan suhu tubuh sehingga anak dapat merasa lebih nyaman. Ikatan Dokter Anak Indonesia menyatakan bahwa menggunakan paracetamol atau obat penurun panas adalah langkah pertama untuk menurunkan demam dan menghilangkan nyeri.

Namun, untuk anak berusia di bawah 2 bulan, sebaiknya harus dikonsultasikan terlebih dahulu sebelum diberikan obat jenis apapun. Dengan memberikan obat penurun panas, bisa menjadi salah satu cara mengatasi anak demam di malam hari kemudian segeralah mencari pertolongan ke dokter anak.

Jika saat anak tengah demam, usahakan untuk tetap membuat kondisi ruangan tetap dalam keadaan sejuk. Tidak perlu mematikan AC atau menaikan suhu ruangan secara drastis, cukup naikkan suhu beberapa derajat saja. Anda sebagai orang tua dapat mengatur suhu ruangan agar anak tetap merasa nyaman.

Kompres merupakan satu cara yang telah dipercaya dapat menurunkan suhu tubuh saat anak demam. Cara ini dapat membantu menurunkan suhu panas anak karena panas tubuh dapat keluar melalui pori – pori kulit karena proses penguapan melalui kompres. Namun sebaiknya tidak menggunakan kompres air dingin. Sebaliknya, gunakan kain lembut yang sudah di rendam air hangat, kemudian letakkan pada lipatan ketiak dan selangkangan anak selama 10 – 15 menit.

Baca Juga :Anak Demam Hanya di Malam Hari, Kenali Penyebabnya