Saat masih bayi, Moms kesulitan untuk membiasakan dirinya tidur di malam hari karena si Kecil tak mengenal waktu tidur. Ia akan bangun dan tidur mengikuti rasa lapar dan ketidaknyamanannya, seperti popok yang basah karena pipis.

Meningkat usia balita, lain lagi kesulitan yang Moms alami. Dengan berbagai alasan, balita Moms menunda waktu tidur di malam hari. Tak jarang, aksi si Kecil ini memicu pertengkaran antara Moms dengannya. 

Untungnya, Moms,  ada cara untuk membuat rutinitas sebelum tidur menjadi menyenangkan dan menjadi bagian alami dari hari-hari si balita kecil ini. Mulailah sedini mungkin begitu si Kecil akan memasuki usia balita:

Ini untuk untuk membantu si Kecil  memahami waktunya untuk tidur. Caranya antara lain: melakukan aktivitas tidur setiap malam dan membuat kebiasaan yang teratur sebelum tidur, seperti mandi, membaca buku dan sebagainya, kemudian baru tidur.

Katakan pada balita kecil ini sudah hampir waktunya untuk bersiap-siap tidur. Ingatkan beberapa kali. Si Kecil  akan cenderung menolak untuk tidur  jika dia tidak mendapatkan peringatan sebelumnya. 

Moms bisa memberi peringatan untuk tidur ini misalnya setelah makan malam. Katakan bahwa anak boleh bermain sebentar, sebelum waktu menyikat gigi dan mencuci muka atau sekalian mandi. 

Bila Moms termasuk orang tua yang memandikan anak menjelang tidur, maka biarkan si Kecil bermain sebentar di kamar mandi untuk membuat mood-nya happy. Sambil memandikan, Moms juga  dapat mengajaknya berbicara, saat dia bermain-main air. Ini menjadi kesempatan bagi Moms yang pergi bekerja pagi-pagi untuk berkomunikasi dengan si Kecil. 

Jika Moms merupakan working Moms, jangan lewatkan kesempatan ini. Menemani si Kecil tidur merupaka kesempatan bagus untuk membuat waktu berkualitas bersama anak. 

Membacakan cerita, memeluknya dan mengusap lembut si Kecil akan selalu menjadi momen spesial bagi si Kecil.  Setiap hari ia akan menantikan waktu bersama Moms ini. Saat jelang tidur ini, Moms juga bisa mendengar ceritanya di hari itu. Pujilah bila balIta Moms melakukan sesuatu yang baik. Ini akan membantu si Kecil mengakhir hari ini dengan ‘catatan’ positif.

Konsisten tentang aturan, seperti tidak ada makanan ringan setelah menyikat gigi atau meminta segelas susu dengan alasan lapar. Banyak anak mencoba segala cara menunda waktu tidur. Bersikaplah tegas. Jangan menanggapi taktik ini agar si Kecil mengerti bahwa Moms tidak mempan untuk taktik itu.

Beberapa anak merasa takut akan kegelapan. Jika balita Moms salah seorang di antaranya, maka letakkan lampu tidur di kamarnya atau lorong kamarnya. 

Jika si Kecil mengatakan dia takut akan kehadiran monster, hantu atau makhluk imajiner lainnya, yakinkan dia bahwa makhluk semacam itu hanya dalam pikirannya  saja. Berikan dia boneka hewan kesukaannya atau selimut untuk dapat dipeluknya. Ini aka membantu menenangkan  si Kecil  di tempat tidur. Berikan peluk dan cium, dan katakan bahwa akan selalu ada untuk dirinya.

Setelah lampu padam, jangan merespons jika si Kecil tetap mencoba mengajak Moms mengobrol. Beri tahu dia bahwa ini saatnya dia tidur agar besok bisa bangun pagi dan bisa mengobrol lagi dengan Moms. 

Jika balita ini bangun dari tempat tidur, dan keluar dari kamarnya (biasanya meminta bergabung untuk tidur bersama Moms dan Dads), cobalah untuk membawa dia kembali ke kamar tidurnya. 

Jika dia mengeluh bahwa dia tidak bisa tidur, tenangkan dirinya. Ajak dia berbaring di tempat tidurnya, menutup matanya, sambil Moms usap-usap badannya untuk menenangkan dirinya. Tunggu sekitar 5 menit, berikan ciuman selamat tidur dan biarkan anak tertidur

Membiasakan balita tidur tepat waktu terkadang tidak mudah. Tapi sikap konsisten Moms dan Dads dalam waktu dan rutinitas tidur akan membuat si Kecil terbiasa tidur pada waktunya. 

Memuji balita kecil ini atas perilaku baiknya juga membantu menanamkan kebiasaan baik untuk tidur. Ketika dia menanggalkan pakaian untuk berganti dengan baju tidur atau menyikat gigi misalnya, pujilah dia. Biarkan dia tahu bahwa Moms bangga padanya ketika dia bersiap untuk tidur.

Baca Juga : Cek! Penyebab Balita Sulit Tidur