Pernahkah para orang tua mengalami kesulitan untuk membuat anak tidur malam tepat waktu ? Malam semakin larut tapi polahnya tak ujung selesai ? yap, pasti kebanyakan orang tua mengalaminya. Apalagi di masa kecil sang anak. 

Membacakan dongeng sebelum tidur bisa membantu mengatasi hal tersebut. Solusi satu ini sering digunakan untuk para orang tua dalam mengatasi anak susah tidur. Semakin cepat anak tertidur maka juga semakin juga anak tidur nyenyak

Menurut beberapa psikologi juga bahwa di zaman saat ini dongeng masih menjadi salah satu metode penting dan menjadi pelajaran berharga bagi seorang anak untuk menapaki dunia nyata dan terkait dengan kehidupan yang akan dijalankan nanti. 

Tipsnya carilah dongeng yang sederhana dan mudah dipahami oleh seorang anak. Usahakan mempunyai unsur gambar sehingga si anak akan tertarik dengan ceritanya. Karena pada umur yang masih kecil, indera visualnya sangat peka. 

Akan lebih baik lagi jika anda sebagai seorang ibu melakukan mimik dan juga ekspresi yang meyakinkan sehingga anak mudah memahami dan menjadikannya semangat untuk mendengarkan cerita anda. Berikut ada beberapa dongeng sebelum tidur yang bisa jadi solusi susah tidur anak anda, 

1. Si kancil dan Kura - Kura

Dongeng ini sangat sering diceritakan kepada anak kecil. Pasti sudah tidak asing jika mendengarkan cerita ini. Cerita ini berisi tentang kelinci yang sombong. Ia merasa mempunyai kemampuan lari tercepat dan dapat mengalahkan si kura kura. Akhirnya dalam cerita tersebut karena kesombongannya ia menantang untuk balapan lari dengan kura kura. 

Dihari perlombaan si kelinci sudah melesat  sangat kencang di awal sedangkan, kura kura berlari sebisanya dan sangat lambat untuk mengejar kelinci. Namun, mendekati garis finish karena kelinci percaya diri bahwa si kura kura tidak akan mengejarnya ia beristirahat dibawah pohon sebentar hingga tertidur.

 Melihat hal itu si kura kura menyusul hingga ia mencapai finish duluan. Dari cerita tersebut maka pesannya jangan meremehkan orang lain. 

2. Dongeng Cinderella 

Kisah dongeng terfavorit untuk anak perempuan. Dikisahkan cinderella merupakan anak yang hidup dengan ibu tiri dan saudara tirinya yang diperlakukan buruk di setiap harinya. Hingga pada suatu hari di istana digelar pesta dansa. Namun, cinderella tidak boleh mengikutinya oleh ibu tirinya. 

Namun, pada cerita tersebut ada peri baik yang membantu cinderella untuk mendatangi pesta tersebut. Namun syaratnya ia harus pulang sebelum  jam 12 malam. Karena asyik berdansa dengan pangeran ia hampir lupa dan pada saat jam 12 pas ia langsung berlari pulang namun sepatu kacanya tertinggal. Ingin tau kelanjutannya ? cobalah mencarinya agar Anak tidur nyenyak

3. Tiga babi kecil dan rubah 

Tiga babi kecil yang membangun rumah dengan keinginannya masing masing. Namun, babi kecil tersebt menjadi incaran rubah yang sangat jahat. Dan mempunyai niat untuk menghancurkan rumah rumahnya. 

Babi tersebut selamat dan yang tidak bisa dirobohkan hanya rumah babi ketiga. Sehingga akhirnya mereka tinggal bersama agar terhindar dari rubah yang jahat yang selalu mengganggu mereka. 

Baca Juga :Dongeng Pengantar Tidur Untuk Anak SD