Sunat adalah proses pelepasan atau pemotongan kulup atau kulit yang menyelubungi ujung penis. Selain diwajibkan dari sisi syariat agama Islam, dari sisi medis,  banyak manfaat dari sunat, yaitu: 

Kapan sih, idealnya usia anak disunat? 

Sebenarnya tidak ada hitungan pasti mengenai usia ideal anak sunat. Jagoan Moms dan Dads sudah bisa disunat sejak usia 7-14 hari. Meski begitu, umumnya masyarakat Indonesia, anak baru akan disunat ketika menginjak usia 5-13 tahun. Nah,  masalahnya, pada usia 5-13 tahun, anak sudah paham akan rasa sakit dan bisa memberontak. Jadi perlu treatment khusus untuk merayu anak agar mau sunat. 

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan agar anak mau sunat: 

1. Lakukan pendekatan secara personal 

Ajak anak ngobrol berdua di waktu-waktu luang. Misalnya, sebelum tidur, saat bermain bersama, atau luangkan waktu untuk keluar rumah berdua. Pendekatan secara personal ini akan membuat jagoan kecil Moms jadi lebih berani dan percaya diri. 

2. Jelaskan mengenai pentingnya khitan 

Berikan penjelasan secara medis, atau bisa juga spiritual mengenai sunat. Bagi seorang muslim, sunat merupakan kewajiban bagi laki-laki. Selain itu, jangan lupa memberinya pengertian dari segi medis. Karena manfaat sunat dapat membuat tubuh terhindar dari risiko infeksi akibat virus, jamur dan bakteri. 

3. Berikan contoh dari orang terdekat 

Nah, agar anak semakin yakin untuk disunat, berilah contoh dari orang-orang terdekat. Misalnya, dari Dads sebagai orang tuanya, saudara laki-laki, kakek, atau sepupu lainnya.

4. Tidak perlu dipaksa 

Jika anak benar-benar belum mau disunat, jangan dipaksa dulu, ya. Memaksa akan membuat anak takut dan trauma. Usahakan anak sunat karena keinginan mereka sendiri, ya. 

5. Berikan iming-iming hadiah 

Ya, seperti mayoritas anak-anak, mereka sangat menyukai hadiah. Nah, jadikan hal ini sebagai iming-iming jika usia mereka sudah mulai beranjak dewasa, namun keberanian belum juga muncul. 

Cara-cara di atas merupakan metode yang efektif untuk merayu anak sunat. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya! 

Baca Juga : Tips Membujuk Anak untuk Sunat