Vitamin D adalah salah satu nutrisi yang sangat penting dan paling dibutuhkan oleh seorang. Vitamin D untuk ibu hamil bahkan sangat penting. Karena ada banyak sekali manfaat dari vitamin D untuk ibu hamil. Terutama adalah untuk mendukung pertumbuhan dari janin dan membantu dalam menurunkan kemungkinan terjadinya komplikasi selama masa kehamilan. 

Karena vitamin D sendiri memiliki peranan yang sangat penting untuk kesehatan tubuh ibu hamil, terutama untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin dalam kandungannya. Sangat penting untuk melengkapinya. Selain itu, berikut beberapa manfaat vitamin D untuk Ibu Hamil diantaranya:

Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi Bayi

Vitamin D untuk ibu hamil memiliki manfaat untuk mengatur jumlah dari kalsium dan fosfat. Dimana kedua kandungan nutrisi ini adalah jenis mineral yang sangat penting untuk janin terutama dalam membantu pertumbuhan tulang dan gigi. 

Jika ibu hamil kekurangan vitamin D maka akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit rakitis. Nah, untuk mencukupi kebutuhan vitamin D, ibu yang sedang hamil disarankan untuk rutin berjemur di bawah sinar matahari. Setidaknya berjemur dibawah jam 9 pagi dengan kurun waktu 10 hingga 15 semenit selama 2 -3 kali dalam seminggu. 

Membantu Menurunkan Resiko Diabetes

Diabetes gestasional adalah salah satu kondisi dimana jumlah kadar gula selama hamil meningkat dalam jumlah yang tinggi. Jika Anda mengalami diabetes selama masa kehamilan maka akan menyebabkan komplikasi yang bisa berdampak pada kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Beberapa masalah yang bisa dialami diantaranya kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan kurang atau lebih hingga preeklampsia. 

Nah, untuk menghindari hal tersebut beberapa penelitian menyebutkan agar ibu hamil memenuhi kebutuhan Vitamin D untuk ibu hamil. Sehingga resiko komplikasi akan menurun. 

Mengurangi Resiko Mengalami Preeklamsia

Masalah preeklampsia sangat sering terjadi pada ibu hamil yang memasuki trimester kedua. Masalah kesehatan ini ditandai dengan masalah tekanan darah tinggi, pembekakan pada tubuh serta meningkatnya kadar protein di dalam urine. 

Dan menurut beberapa penelitian, ibu hamil yang kurang mendapatkan vitamin D akan lebih beresiko mengalami Preeklampsia. Sehingga sangat disarankan untuk ibu hamil mencukup kebutuhan vitamin D dalam tubuhnya. 

Mencegah Bayi Lahir dengan Berat Badan Rendah

Jumlah asupan D yang tidak tercukup selama masa kehamilan akan meningkatkan resiko bayi lahir dengan berat badan yang rendah. Hal ini bisa menyebabkan bayi mengalami beberapa masalah kesehatan lain seperti hipotermia hingga gangguan pernapasan. Untuk itu, ibu hamil disarankan untuk mencukup kebutuhan vitamin D. 

Kebutuhan Vitamin D untuk ibu hamil pada ibu hamil bisa didapatkan dengan cara berjemur secara rutin dibawah sinar matahari dan tentu saja harus rajin mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin D. Jika terasa masih kurang vitamin D, maka ibu hamil bisa melengkapinya dengan mengkonsumsi suplemen vitamin D. 

Baca Juga : 3 Suplemen Vitamin Sebagai Pelengkap Nutrisi Bunda dan Janin