Selama masa kehamilan, ibu hamil wajib untuk memenuhi beberapa kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya. Salah satunya adalah vitamin DHA untuk ibu hamil. DHA sendiri memiliki peranan yang sangat penting untuk bisa mendukung perkembangan dari otak janin hingga membantu menjaga kesehatan ibu hamil.

Karena memiliki peranan yang sangat penting dan vital pada ibu hamil, maka tak heran jika DHA sangat diajurkan untuk ibu hamil. Selain untuk ibu hamil, janin juga membutuhkan DHA tersebut. Untuk itu, berikut beberapa manfaat DHA untuk ibu hamil diantaranya:

Mencegah Preeklamsia Pada Ibu Hamil

Preeklampsia pada ibu hamil adalah kondisi yang paling sering terjadi. Komplikasi selama kehamilan ini biasanya ditandai dengan tekanan darah tinggi, tubuh bengkak, gangguan pada penglihatan hingga gangguan pada fungsi organ. 

Bahkan dalam beberapa kasus preeklamsia ini bisa menyebabkan komplikasi yang sangat serius pada ibu hamil dan janinnya. Sehingga vitamin dha untuk ibu hamil adalah salah satu asupan yang penting untuk menurunkan dan mencegah resiko preeklamsia ini. 

Mencegah Terjadinya Postpartum Depression

Setelah ibu melahirkan, sebagian besar mereka akan mengalami situasi yang membuatnya depresi. Kondisi ini biasanya lebih dikenal dengan Postpartum depression. Kondisi ini biasanya menyebabkan ibu mengalami rasa putus asa, sehingga bisa menyakiti diri sendiri atau anaknya. 

Nah, sebagian besar penelitian menyebutkan jika dengan mengkonsumsi DHA selama masa kehamilan akan baik untuk janin dan ibu. Terutama untuk mengurangi resiko terjadinya depresi setelah melahirkan. 

Membantu Perkembangan Otak pada Janin

Manfaat vitamin DHA untuk ibu hamil sebenarnya sangat dibutuhkan pada bayi, terutama pada trimester ketiga. Dimana saat ini terjadi perkembangan otak janin yang sudah mencapai puncak. Dalam sebuah studi menyebutkan jika tingginya kadar DHA dalam tubuh ibu hamil bisa membantu merangsang tingkat kecerdasan anak dan fungsi otak anak setelah mereka lahir nantinya. 

Mendukung Perkembangan Mata pada Janin

Selain sangat baik untuk perkembangan otak pada janin, DHA juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk perkembangan mata janin. Dalam sebuah penelitian menyebutkan jika, ibu hamil yang memiliki jumlah asupan DHA yang tercukup selama masa kehamilan maka akan membuat janinnya bisa terhindari dari masalah penglihatan. 

Mencegah Kelahiran Prematur

Dengan terpenuhinya asupan jumlah vitamin DHA untuk ibu hamil selama trimester akhir kehamilan, maka bisa membantu dalam menurunkan resiko terjadinya persalinan yang prematur Seorang bayi yang lahir secara prematur adalah yang lahir dari kandungan ibunya kurang dari 37 minggu. Bayi yang prematur juga sebenarnya sangat rentan terhadap beberapa masalah kesehatan. Beberapa masalah dan gangguan kesehatan yang bisa saja dialami bayi karena kelahiran prematur diantaranya gangguan fungsi organ, gangguan pertumbuhan dan gangguan berat badan terutama saat dilahirkan. 

Baca Juga : 4 Manfaat Vitamin D untuk Ibu Hamil