Baru-baru ini Elon MuskCEO Tesla membuat heboh dengan kelahiran anaknya. Hal ini lantaran anak hasil hubungan Musk dengan penyanyi Kanada Grimes memiliki nama sangat tak biasa. Mereka sempat dikira bercanda untuk pemberian nama anak itu. 

Anak mereka diberi nama X Æ A-12 Musk. Belum lama menyandang nama tersebut, anak itu harus berganti nama. Elon Musk memutuskan mengganti nama anaknya. Jadi lebih mudah? Tentu saja tidak. Namanya diubah menjadi X Æ A-XII. Musk dan istrinya mengubah angka 12 di bagian belakang menjadi menggunakan angka Romawi.

Hingga kini, masih menjadi pertanyaan, bagaimana cara menyebutkan nama anak yang berjenis kelamin laki-laki ini? Grimes menjawab santai bahwa anaknya nanti akan memiliki banyak nama panggilan.

Apakah Moms dan ayahnya berkeinginan memiliki nama anak yang unik seperti nama anak biliuner Elon Musk? Sebelum menentukan nama bagi anak yang akan lahir, coba simak curhatan hati beberapa orang tua tentang nama anak mereka. Mereka berharap beberapa hal di bawah ini harusnya mereka ketahui sebelum memberikan nama bagi anaknya.

Baca Juga :50 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Beserta Maknanya

Ini adalah keluhan yang umum. Kisah Moms Vera misalnya. Ia rasanya belum pernah mendengar nama Alisya atau Nabila, sehingga sepakat bersama suami memberikan nama ini untuk si Kecil. Namun… booom!  Tiba-tiba ia mendengar anak teman, tetangga, bahkan kerabat memakai nama ini. Nama unik anaknya mengalami lonjakan popularitas. Namanya seolah-olah ada di mana-mana alias menjadi nama pasaran. 

Moms tak ingin seperti kisah Moms Vera? Solusinya, Moms coba cek nama-nama sedang tren naik atau turun di online. Ada beberapa situs pencari nama bayi yang bisa Moms pakai. Atau Moms bisa cek di lingkungan atau mungkin di beberapa sekolah usia dini atau TK untuk mengetahui apakah nama keinginan Moms itu belum ada ‘punya’. 

Moms mungkin mendapat banyak kritik atau penolakan saat mengumumkan rencana nama si Kecil kepada kakek nenek atau saudara Anda. Mungkin nama ini dinilai aneh, kurang nilai rohani dan sebagainya. 

Jangan berkecil hati. Kenyataannya setelah bayi tercinta lahir,  keluarga dan orang-orang di sekitar Moms yang tadinya mengkritik nama si kecil, akan (tetap) menyukai nama tersebut. 

 “Seringnya ide nama bayi dari kakek-nenek adalah nama yang familiar bagi zamannya. Mereka awalnya akan terkejut atas ide nama modern dari cucu mereka. Tapi pada akhirnya mereka tetap menyukai nama cucunya itu,” ujar, Pamela Redmond Satran, salah satu pendiri situs pencari nama Nameberry. 

Ibu dari Kim Kardashian menunjukkan ini. Nama cucunya North West memang bukan nama biasa. “I’m pro North,” katanya membela nama cucunya, ditengah kritikan atas nama itu.

Beberapa calon orang tua memilih mengumumkan nama anaknya sebagai kejutan. Tapi jangan-jangan Moms dan suami malah balik terkejut saat mengetahui  ejaan namanya salah atau pengucapannya membingungkan atau salah. 

“Kelemahan dari menyembunyikan pilihan nama adalah kemungkinan Moms tidak mengetahui cara yang benar untuk pengucapan nama atau ejannya. Sehingga akhirnya sewaktu nama anak diumumkan, bukannya memuji, orang-orang malah bingung dengan nama tersebut,”kata Satran.

“Jika Moms ingin memastikan ejaan dan pelafalan nama, sekaligus ingin merahasiakannya,  jangan cek calon nama ini kepada teman atau kenalan atau saudara Moms. Cobalah bergabung dalam forum online anonim dan uji ide nama di sana. Mintalah pendapat yang jujur.  ​​Jangan bersikap defensif jika banyak dikritik atau mendapat komentar negatif. Ganti saja. Masih banyak pilihan nama yang tidak menimbulkan kebingungan atau keraguan dalam pelafalannya,” lanjut Satran.  

Saat memilih nama bayi, tak jarang kita mengambil referensi dari nama di seputar kehidupan kita. Misalnya, bos pertama, pacar teman kuliah.  Penulis Baby Name Wizard, Wattenberg memberi nasihat: “[Ingat] bahwa kebanyakan asosiasi nama cepat berlalu. Klien aneh yang bekerja dengan Moms bulan lalu atau karakter pendukung di Glee akan segera hilang dari ingatan, dan Moms akan menyesal menyerahkan nama favorit Moms untuk mereka. 

Katakanlah Moms telah memilih nama yang sempurna dengan nama seorang selebritas. Tetapi beberapa tahun kemudian seorang selebritas  dengan nama yang sama melakukan tindak pidana. Namanya berkonotasi dengan citra atau kemasyhuran tertentu yang tidak ingin Moms kaitkan dengan anak Moms.

Tak bisa dipungkiri, memiliki nama dari seorang  selebritas dapat menyebabkan popularitas meroket , tapi harus berhati-hati untuk menghadapi kemungkinan reputasi buruk si seleb ini. Karena kita tidak bisa memprediksi masa depan budaya pop, setidaknya kita bisa tetap percaya diri dengan pilihan kita .

Untuk kepraktisan, alangkah baiknya jika bayi Moms sudah diberi nama sebelum Moms meninggalkan rumah sakit. Ini akan memudahkan pendaftarannya untuk sertifikat kelahiran. Namun di saat itu, Moms mungkin belum benar-benar memahami kepribadian anak , dan Moms mmberikan  nama yang rasanya tidak cocok di kemudian hari.

Bagaimana mengatasinya? Pertahankan naluri terbaik Moms. Holly Madison, model dan kekasih dari pendiri majalah Playboy  saat ditanya tentang nama anaknya, Rainbow, mengatakan:  “Waktu yang akan memberi tahu apakah nama itu akan sesuai dengan kepribadiannya!”

Banyak orang tua mencari nama yang tidak biasa bagi anaknya. Harapannya, nama unuk itu akan membedakan anak tersebut dari semua anak lain di kelas. Tapi, Wattenberg mengingatkan, “Semakin menarik dan powerfull sebuah nama, semakin banyak  orang akan membencinya. Gaya yang kuat pasti akan memotong dua arah. "

Selain itu, Wattenberg menganjurkan Moms harus waspada bahwa memilih ejaan yang tidak biasa untuk nama yang umum. Cara itu  mungkin tidak cukup membedakan anak Moms sebanyak yang diharapkan. 

Bukan hanya nama lengkap, Moms dan ayahnya perlu juga memikirkan nama panggilan anak kelak. Tentunya nama panggilan yang Moms sukai, begitu juga anak kelak. 

Tentu, sulit untuk tidak terobsesi dengan keputusan yang terasa begitu berat dan penting. Tetapi bagaimana jika Moms dan suami membiarkan diri sedikit relaks? “Memilih nama yang tepat bisa menjadi obsesi besar,” kata Satran dari Nameberry. “Tapi begitu bayinya lahir, banyak orang tua mengatakan mereka berharap mereka tahu bahwa pilihan mereka memang  tepat dan alami dan mereka tidak akan dapat membayangkan bayi mereka dengan nama lain.”

Baca Juga :Inspirasi Nama Bayi Laki-laki Islami yang Berawalan Huruf F yang Perlu Diketahui Bumil