Bukan hanya sekedar untuk mengatasi dehidrasi saja, ternyata manfaat air kelapa untuk ibu hamil begitu beragam. Air kelapa ini juga baik untuk kesehatan janin karena dalam air kelapa mempunyai berbagai macam nutrisi, seperti serat, karbohidrat, dan juga protein. Berkat kandungan nutrisinya air kelapa dipercaya memiliki khasiat kesehatan untuk para ibu yang sedang hamil. 

Memberi Dukungan untuk Tumbuh Kembang Janin 

Air kelapa memang mempunyai kandung kalsium yang sangat penting untuk bagi perkembangan gigi dan tulang pada janin. Walaupun begitu kandungan kalsium yang ada pada air kelapa tidak bisa untuk dijadikan sebagai nutrisi yang paling utama. Oleh sebab itu, penting sekali bagi setiap ibu hamil agar konsumsi makanan yang padat nutrisi dan banyak diperoleh dari buah dan sayuran. 

Mengganti Elektrolit yang Hilang di Tubuh

Mual dan muntah sering sekali menjadi keluhkan bagi setiap ibu yang sedang hamil, kondisi tersebut bisa mengakibatkan ibu hamil mengeluarkan begitu banyak cairan yang ada di dalam tubuh sehingga akan memicu terjadinya kekurangan elektrolit. Inilah manfaat air kelapa untuk ibu hamil yaitu menggantikan elektrolit yang hilang. Hal ini disebabkan karena air kelapa memang mempunyai kandungan natrium, kalium, elektrolit dan magnesium. 

Mampu Membantu Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih ini sangat umum terjadi di waktu kehamilan, hal ini bisa terjadi karena perubahan hormon di saat hamil dan memberikan dampak terhadap fungsi saluran kemih. Hal ini membuat ibu hamil lebih mudah terkena infeksi tersebut. Salah satu kebaikan air kelapa untuk ibu hamil adalah sifatnya sebagai diuretik alami. Rutin mengonsumsi air kelapa bisa membantu ibu hamil jauh lebih lancar mengeluarkan urine sehingga mencegah terjadinya ISK. 

Memenuhi Asupan Cairan di Dalam Tubuh 

Cairan di dalam tubuh ibu hamil sangat penting untuk dipenuhi supaya nantinya bisa terhindar dari dehidrasi. Bukan hanya air putih saja, khasiat air kelapa untuk ibu hamil bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan cairan yang ada di tubuh. Tercukupinya kebutuhan cairan tubuh seorang ibu yang sedang hamil akan jauh terlihat lebih segar dan tidak mudah mengalami kelelahan. 

Membuat Tekanan Darah Menurun

Air kelapa untuk ibu hamil dipercaya bisa membantu mengontrol dan menurunkan tekanan gula darah. Hal ini disebabkan karena air kelapa tersebut mempunyai kandungan kalium dan terbukti mampu dalam menurunkan dan mengontrol tekanan darah supaya tetap dalam keadaan normal. 

Namun demikian, penggunaan air kelapa sebagai pengganti dalam pengobatan hipertensi dan preeklamsia pada ibu hamil sangat tidak dianjurkan. Jika nantinya ibu hamil memiliki risiko terjadi preeklamsia di masa kehamilannya, maka harus segera memeriksakan ke dokternya. Anjuran minum air kelapa untuk ibu hamil bisa mendapatkan manfaat yang baik jika tidak dikonsumsi secara berlebihan. 

^ER