Menjelang persalinan, idealnya posisi kepala si bayi di dalam kandungan sudah berada di bawah. Hal ini nantinya akan mempermudah si Ibu yang ingin melahirkan secara normal.

Tetapi nyatanya, ada beberapa ibu yang mengalami kondisi janin atau bayi sungsang. Bayi sungsang merupakan posisi kepala bayi saat di rahim berada di atas, sementara pantat si kecil berada di bawah. Kondisi ini pun dapat mempersulit si bayi lahir secara normal. Meski begitu, hal ini bukan berarti Moms tidak bisa melakukan sesuatu untuk mengubah posisi bayi menjadi kembali normal atau kepala bayi berada di bawah mendekati jalan lahir. Sebab, ada beberapa cara yang dipercaya dapat mengubah posisi sungsang.

Nah apakah benar bahwa berhubungan seks bisa menjadi salah satu cara untuk membuat posisi bayi kembali normal. Nah yuk kita simak Moms.

Pakar Persalinan sekaligus Doula di Chicago, Amerika Serikat, Sara Lyon menjelaskan, hingga kini sebenarnya belum ada data atau penelitian yang membuktikan bahwa seks dapat membuat posisi bayi sungsang kembali normal. Namun menurutnya, bila ibu hamil memang mengalami kondisi ini, tak ada salahnya untuk mencobanya.

Bila sampai waktu persalinan tiba dan posisi bayi di dalam kandungan masih sungsang, biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk melahirkan lewat operasi caesar. Selain baik untuk keselamatan ibu dan bayi, operasi caesar ini umumnya tidak akan menimbulkan masalah medis.

Ada pun beberapa hal yang bisa menyebabkan bayi di dalam kandungan sungsang diantaranya: ibu hamil anak kembar, adanya kelainan rahim, berat janin rendah, panggul sempit, plasenta previa, dan rahim elastis.

Nah Moms, kembali lagi soal kaitan hubungan seks dan bayi sungsang, apabila kondisi kehamilan Anda sehat alias tidak ada indikasi medis tertentu dan dokter kandungan mengizinkannya, maka boleh-boleh saja Anda bercinta dengan suami. Lyon mengatakan, ada beberapa posisi seks yang dapat mendorong bayi sungsang Anda untuk bergerak. Misalnya saja, doggy style atau misionaris.

Kedua posisi ini mendorong bagian bawah bayi yang lebih berat untuk berayun ke bawah ke arah dada Moms. Sehingga mengubah posisi bayi yang sungsang. Namun, jika usia kehamilan Anda belum mencapai 34-36 minggu, posisi bayi di dalam kandungan masih bisa dikembalikan dengan beberapa cara, seperti:

Nah itulah Moms penjelasan mengenai berhubungan akan membantu bayi agar tidak sungsang.

Baca Juga :Posisi Bercinta Terbaik Setelah Melahirkan