Dengan sepanjang hari sibuk bekerja, rasanya memasak menjadi hal yang terakhir yang ingin Moms lakukan. Bekerja menuntut semua energi dan pikiran tercurah ya, Moms. 

Masalahnya, sebagai ibu hamil, Moms pun membutuhkan ragam makanan yang bernutrisi dan fresh. Begitu pun keluarga Moms, terlebih jika calon dedek bayi ini memiliki kakak yang masih balita.

Memiliki asisten rumah tangga (ART) juga belum tentu menyelesaikan masalah. Karena, ia belum tentu memiliki kemampuan untuk merencanakan menu dan memasaknya.  

Jika Moms yang berkarier merasa kesulitan memasak untuk diri sendiri dan keluarga, berikut beberapa solusi yang dapat Anda dilakukan:

Misalnya, tentukan masing-masing dua hari untuk sup dan salad, dua hari untuk makanan panggang dan dua hari untuk makanan khas indonesia. Manjakan diri Moms dengan salah satu hidangan favorit selama akhir pekan.

Moms bisa mengajak asisten rumah tanngga untuk membantu merencanakan menu dan menyiapkan makanan. Dads pun bisa membantu masak dan berbelanja untuk keperluan makanan seminggu ini.

Pada hari-hari Moms memang sangat sibuk, boleh saja Moms memesan makanan melalui aplikasi pemesanan makanan online. Pilihan makanan juga bervariasi, dan ada pula yang menyediakan menu sehat untuk ibu hamil. 

Ini  juga bisa menjadi alternatif. Beberapa layanan katering  menerima permintaan khusus seperti tidak memakai penguat rasa atau makanan dibuat tidak pedas. Para penyedia layanan katering ini biasanya juga memberikan daftar menu per seminggu, dua minggu atau sebulan. Nah, Moms tinggal memilih menu yang cocok bagi Moms dan keluarga. 

Jika Moms senang dengan makanan yang disajikan kantin kantor, coba dekati untuk mencek apakah mereka memberikan layanan khusus untuk pemesanan di bawa pulang. Cek juga kemungkinan mendapatkan harga khusus sebagai pelanggan. Problemnya, mungkin, pilihan makanan take away dari kantin ini sulit bila berupa ingin sayuran segar. Karena, mereka biasanya memasak sejak pagi. Pilihan yang memungkinkan untuk dibawa pulang dan dimakan saat makan malam paling berupa lauk, seperti daging, ikan atau telur yang digoreng.

Buat beberapa porsi makanan buatan sendiri yang siap untuk dimakan dan simpan di lemari pendingin. Beberapa jenis makanan yang tahan lama atau bisa dibekukan seperti:

Banyak cara lainnya untuk membuat persiapan makan dan memasak ini lebih praktis. Terpenting Moms jangan sampai melewatkan watku makan. Moms dan si Kecil di dalam kandungan perlu makan dengan baik untuk mendapatkan pasokan energi dan nutrisi yang teratur. 

Baca Juga :Vitamin dan Mineral Penting Selama kehamilan, Cek Juga Sumbernya!