Selain dikenal dengan rasanya yang lezat, manfaat alpukat untuk ibu hamil juga sangat beragam. Seperti yang Moms tahu, asupan makanan bergizi sangat penting bagi ibu hamil. Karena selain diserap oleh tubuh ibu, setiap kandungan yang ada pada makanan juga akan ikut diserap oleh bayi yang di kandungnya.

Bagi Moms yang ingin tahu apa manfaat alpukat untuk ibu hamil, pastikan Moms simak uraian penjelasannya berikut ini : 

Sumber asam folat 

Asam folat dikenal sebagai nutrisi utama yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Karena kehadirannya dapat memproduksi serta memelihara sel-sel baru dengan lebih baik. Sehingga bayi yang dikandung pun terhindar dari cacat. 

Buah alpukat memiliki kandungan asam folat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan sekitar 90 Mikrogram asam folat yang dikandungnya. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah asam folat pada dua buah pisang dengan jumlah 60 Microgram. 

Sumber lemak baik 

Penambahan lemak juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan ibu hamil. Namun ada baiknya jika Moms juga memperhatikan jenis lemak yang masuk ke dalam tubuh. Dalam hal ini, buah alpukat hadir dengan lemak baik yang tentunya dapat membantu menambah berat badan Ibu dan juga bayi. 

Menjaga keseimbangan dari tekanan darah 

Manfaat alpukat untuk ibu hamil lainnya adalah mengatur dan juga menjaga keseimbangan dari tekanan darah. Hal tersebut dilakukannya melalui kandungan magnesium serta kalium di dalamnya. Karena itulah Moms yang memiliki masalah hipertensi gestasional, ada baiknya untuk mengkonsumsi buah alpukat. 

Memiliki kandungan antioksidan tinggi

Buah alpukat juga hadir dengan kandungan antioksidan tinggi. Hal ini terlihat melalui kehadiran beta karoten serta likopen. Dengan kandungan antioksidan tersebut, tentunya proses regenerasi sel dari bagian reproduksi dapat bekerja dengan maksimal. 

Penyerapan nutrisi lebih cepat 

Selain beberapa bagian di atas tadi, manfaat alpukat untuk ibu hamil muda adalah proses penyerapan nutrisi yang jauh lebih cepat. Apalagi di dalam buah alpukat tersedia banyak nutrisi. Dimulai dari vitamin A, C, E, K serta B1, B2, B3, B5 dan juga B6. 

Cegah serta meringankan gejala kram 

Banyak di antaranya ibu hamil pada trimester tiga mengalami masalah kram kaki yang sangat mengganggu. Hal ini umumnya terjadi karena tubuh mulai kekurangan asupan kalsium, kalium dan juga magnesium. 

Selain itu, ketika hamil volume darah umumnya meningkat hingga 50%. Dengan demikian, Moms pun tentunya akan membutuhkan kandungan kalium jauh lebih banyak dari seharusnya. 

Memiliki kandungan serat yang dibutuhkan ibu hamil 

Keluhan lainnya yang juga seringkali dialami oleh ibu hamil adalah sembelit. Dengan mengkonsumsi buah alpukat, tentunya masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah. Pasalnya kandungan serat dalam buah alpukat mudah larut, sehingga melancarkan metabolisme dan juga saluran cerna. 

Dengan mengetahui beragam manfaat alpukat untuk ibu hamil di bagian atas tadi, tentunya konsumsi buah alpukat pun sangat dianjurkan.