Naik turunnya hormon pada masa kehamilan, dapat memberikan efek baik pada kulit, yaitu pregnancy glow. Namun, terkadang perubahan hormon juga bisa menimbulkan beragam masalah kulit di wajah. Masalah ini bisa membuat ibu hamil menjadi bingung dalam memilih produk kecantikan atau bagaimana merawat wajah saat hamil. 

Satu hal yang perlu diingat, Moms perlu lebih berhati-hati dalam memilih produk dan jenis perawatan wajah saat hamil, agar tidak membahayakan kandungan Moms. Berikut ini adalah beberapa masalah wajah yang dapat menghampiri Moms saat hamil dan cara merawatnya. 

Jerawat 

Timbulnya jerawat pada masa kehamilan adalah hal yang umum.  Jenisnya pun beragam, mulai dari jerawat ringan hingga parah. Untuk mengatasi jerawat saat hamil, Moms bisa menggunakan obat oles dengan kandungan azelaic acid, glycolic acid, alpha hydroxy acid, atau sulfur. 

Bercak pada wajah atau chloasma 

Bercak kehitaman di wajah juga bisa muncul saat sedang hamil. Penyebab pasti kondisi ini belum diketahui,  tetapi meningkatnya hormon progesteron, estrogen, dan MSH atau hormon penghasil melanosit  (sel kulit yang menghasilkan pigmen) menyebabkan warna kulit menjadi lebih gelap.  Sehingga,  menimbulkan bercak pada bagian pipi, kening, bibir, dan hidung.

Chloasma dapat menghilang setelah melahirkan, namun untuk mengurangi atau menutup bercak, Moms  bisa menggunakan concealer dan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih. Saat hamil, banyak wanita cenderung menghindari perawatan kulit karena khawatir kandungan dari produk skin care yang digunakan akan membahayakan janin. Padahal, tidak semua produk berbahaya. Berdasarkan pendapat banyak ahli, secara umum wanita hamil dianjurkan untuk menghindari produk skin care dengan kandungan accutane, retinol, tretinoin dan  hydroquinone. 

Selain beberapa kandungan tersebut, kandungan yang umumnya ditemukan pada obat jerawat seperti salicylic acid, benzoyl peroxide, dan glycolic acid juga masih tergolong cukup aman,  karena yang akan terserap ke dalam kulit hanya sedikit. Terpenting, Moms perlu berhati-hati dan bijak dalam memilih produk dan jenis perawatan untuk ibu hamil. 

Nah, khusus untuk wajah, ada beberapa tip cara merawat wajah secara alami yang bisa Moms lakukan di rumah: 

Selain menerapkan upaya-upaya di atas, menjaga kulit agar terlihat berseri dan merona juga sebaiknya disertai dengan gaya hidup sehat.  Misalnya dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, istirahat cukup, perbanyak minum air, hindari stres, dan jauhi rokok maupun alkohol. Lakukan pula pemeriksaan kehamilan secara teratur ke dokter kandungan. Saat menjalani pemeriksaan, Moms dapat meminta saran dari dokter terkait cara merawat kulit selama hamil,  serta cara menjaga kesehatan Moms dan janin di dalam kandungan.

Baca Juga: Perawatan Sehari-hari Ibu Hamil