Telur merupakan sumber protein dan vitamin yang paling mudah dimasak dan didapatkan dengan harga terjangkau ya, Moms. Bisa dibuat telur mata sapi, telur dadar, semur telur, omelet dan sebagainya.  Namun, bila dikaitkan kehamilan, masih banyak Moms hamil yang dibuat ragu untuk mengonsumsi telur ini. 

Beberapa budaya daerah di negara kita, melarang ibu hamil mengonsumsi telur.  Dari penelitian Bibi Ahmad Chahyanto, dkk bertema Aspek Gizi Dan Makna Simbolis Tabu Makanan Ibu Hamil Di Indonesia yang dimuat  dalam Jurnal Ekologi Kesehatan Vol. 17 No 1, Juni 2018, telur menjadi salah satu dari 7 makanan yang paling banyak ditabukan bagi Moms hamil. 

Mitos bisulan hingga mengganggu kelahiran

Tabu ini membuat seorang Moms hamil dilarang untuk memakan telur. Dari penelitian di atas terungkap alasan beberapa budaya di daerah menjadikan  telur menjadi makanan tabu untuk Moms hamil antara lain karena: 

Amankah bagi kehamilan ?

Saat Moms hamil, dokter kandungan atau bidan  kemungkinan akan membuat daftar makanan yang harus dihindari selama kehamilan. Daftar ini mungkin termasuk makanan yang tidak dipasteurisasi, serta makanan mentah atau setengah matang dan semua makanan lainnya yang tidak dimasak hingga matang. 

Nah, soal dimasak hingga matang ini juga berlaku untuk  telur, Moms. Mungkin sewaktu belum hamil, tubuh Moms cukup baik dalam menangani bakteri ini tanpa efek buruk. Tetapi sewaktu hamil, Moms memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah. Sehingga mengonsumsi makanan (termasuk telur) yang tidak dipasteurisasi  atau kurang matang itu dapat membahayakan Moms dan janin.  

Jadi jawaban singkatnya: sepanjang telur aman dimasak dengan baik, maka aman dikonsumsi selama kehamilan. 

Bermanfaat untuk ibu dan janin

Faktanya, dilihat dari aspek gizi, telur merupakan salah satu bahan makanan produk ternak unggas yang paling komplit lho, Moms. 

Telur mengandung protein sebesar 12,90 g/100 g, asam oleat, zat besi, fosfor, vitamin A, D, E, K, dan vitamin B12 yang semua itu sangat penting bagi ibu hamil dan juga bayi yang sedang dikandung. 

Manfaat bagi Moms hamil: 

Manfaat bagi bayi di dalam kandungan: 

Jadi, mitos tentang telur sebaiknya Moms singkirkan jauh-jauh ya….

Baca Juga :Cara Aman Konsumsi Telur Semasa Kehamilan