Salah satu hal yang wajib dilakukan oleh ibu hamil adalah meminum vitamin, ada begitu banyak vitamin yang bagus untuk ibu hamil, dengan khasiat yang tentu baik bagi untuk sang ibu atau pun sang janin yang ada dalam kandungan.

Beberapa Vitamin yang Bagus Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

1. Vitamin B9

Vitamin B9 merupakan vitamin yang paling utama dan sangat penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, hal ini dikarenakan Vitamin B9 dapat mendukung terjadinya produksi sel darah merah. Selain itu, Vitamin B9 atau asam folat juga dapat memberikan dorongan dalam proses terjadinya metabolisme dalam tubuh, mendukung pembentukan DNA, serta dapat mencegah adanya kelainan pada sistem saraf janin. Asam Folat dapat didapatkan dari berbagai macam sayuran yakni, bayam, brokoli, asparagus, lobak, hati, dan juga buah jeruk.

2. Vitamin C

Vitamin C menjadi vitamin yang dapat memberikan manfaat pada janin agar sang janin tetap dalam kondisi yang baik, kegunaan Vitamin C adalah untuk memperkuat pembuluh darah, membantu memperbaiki kerusakan pada jaringan tubuh, membantu pembentukan pada sendi dan tulang janin, membantu memudahkan penyerapan zat besi pada janin, serta dapat memperkecil resiko terjadinya infeksi pada ibu yang melahirkan. Vitamin C dapat ditemukan di buah-buahan segar dan sayuran segar.

3. Vitamin B1

Vitamin B1 menjadi vitamin yang bagus untuk ibu hamil, kandungan Vitamin B1 dapat memberikan berbagai manfaat yang sangat baik untuk ibu hamil seperti, meningkatkan energi pada ibu hamil, mendukung tumbuh kembang janin, mendorong produksi enzim untuk metabolisme energi tubuh, dan membantu tersusunnya sistem saraf janin. Vitamin B1 dapat ditemukan di kacang-kacangan.

4. Vitamin B2

Vitamin B2 menjadi vitamin yang sangat bagus dalam membantu proses tumbuh kembang janin dalam kandungan, vitamin B2 juga memiliki kegunaan sebagai kandungan yang mempertahankan pembentukan energi yang dibentuk oleh Vitamin B1 dan Vitamin B9. Selain itu, beberapa manfaat lainnya dari Vitamin B2 adalah membantu proses produksi metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat, serta dapat mendorong kesehatan indera penglihatan dan kesehatan kulit baik pada ibu hamil atau juga pada janin. Vitamin B2 dapat ditemukan di sayuran hijau, daging, dan susu.

5. Vitamin B3

Vitamin B3 menjadi vitamin yang bagus dalam menjaga stamina ibu hamil, vitamin B3 juga dapat memberikan beberapa manfaat seperti, mendorong pembentukan energi sang ibu hamil, menurunkan risiko anemia dan mudah Lelah pada ibu hamil, serta mendorong proses terbentuknya hormon sintesis. Vitamin B3 dapat ditemukan di kacang-kacangan, Buah Alpukat, Buah Kurma, daging, telur, dan ikan.

Itulah beberapa vitamin yang bagus untuk ibu hamil, memang sangat penting untuk mengkonsumsi banyak vitamin semasa dalam kehamilan sampai setelah melahirkan.

Baca Juga :Vitamin D untuk Bumil