Salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi oleh seorang Moms hamil adalah vitamin D. Sebenarnya vitamin D juga bisa disebut sebagai hormon karena merupakan senyawa yang bersumber dari tubuh (epidermis kulit) yang pembentukannya dibantu  dengan sinar radiasi UVB yang berasal dari matahari.  Sehingga terjadi reaksi fotolitik yang lalu disebarkan melalui impuls saraf (neurohormon). 

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian, Moms bisa mengonsumsi bahan pangan yang mengandung vitamin D dan berjemur di bawah sinar matahari. 

Ada dua jenis vitamin D: 

-D2 yang berasal dari pangan nabati

-D3 yang didapat dari pangan hewani dan sinar matahari. 

Nah, mungkin Moms bertanya-tanya apa saja sumber makanan vitamin D yang bisa dikonsumsi Moms hamil, mari kita simak ulasannya berikut ini. 

Sumber Vitamin D Hewani 

Ikan Salmon merupakan salah satu ikan dengan kandungan vitamin D yang cukup tinggi. Selain kaya vitamin D, salmon juga kaya lemak baik. Moms juga bisa mendapatkan vitamin D dari ikan lain seperti tuna, nila, dan sarden. Tidak hanya ikan, telur ayam, terutama ayam-ayam yang dipelihara bebas kandang memiliki kandungan vitamin D hingga 20% RDI. Alternatif sumber vitamin D lainnya adalah minyak hati ikan COD. 

Sumber Vitamin D Nabati 

Jamur adalah sumber nabati vitamin D dalam bentuk D2. Jika dibandingkan dengan D3 yang didapat dari hewani, D2 sebenarnya kurang efektif untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh. Bagaimana dengan buah-buahan, apakah ada buah dengan vitamin D untuk bumil? Sayangnya, secara alami, tidak ada buah-buahan yang mengandung vitamin D. 

Makanan dan Minuman Fortifikasi 

Beberapa makanan dan minuman proses seperti minyak, susu nabati, dan jus jeruk telah difortifikasi dengan vitamin D untuk meningkatkan nilai gizinya. Vitamin D sangat dibutuhkan Moms hamil untuk mendukung pertumbuhan janin yang optimal dan mengurangi risiko komplikasi kehamilan seperti preeklamsia dan diabetes gestasional. 

Namun, untuk mendapatkan kadar level darah yang optimal (>50 ng/mL), dari makanan dan berjemur saja seringkali tidak cukup terutama untuk masyarakat modern yang banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan. Oleh sebab itu, Moms hamil dianjurkan untuk melakukan suplementasi vitamin D setelah mengecek level vitamin D dalam darah dan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat. 

Bagaimana dengan Moms? Sudahkah mencapai level vitamin D-nya? 

Baca Juga : Vitamin dan Mineral Penting Selama kehamilan, Cek Juga Sumbernya!