Pada kehamilan trimester 2, ibu hamil sangat diwajibkan untuk mengkonsumsi vitamin dan zat lainnya pada masa trimester 2. Ada beberapa vitamin ibu hamil trimester 2 yang sangat bagus untuk dikonsumsi, apa saja itu?

Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil Trimester 2

1. Vitamin D

Vitamin D sangat baik untuk ibu hamil terutama memasuki usia kandungan trimester 2, Vitamin D akan memberikan beberapa manfaat untuk sang ibu hamil seperti, menjaga kesehatan tulang, dan menghindari risiko kelainan tulang pada janin, dan aktif menyerap kalsium. Vitamin D juga mampu menjadi vitamin yang dapat membantu mencegah Preeklamsia, tercegah dari berat badan rendah pada bayi, dan menurunkan risiko bayi lahir premature.

Vitamin D bisa didapat secara alami dari sinar matahari, selain itu juga dapat diperoleh dari beberapa makanan seperti, Ikan Salmon, Kuning Telur, Keju, dan melalui Suplemen Vitamin D.

2. Vitamin B9 atau Asam Folat

Vitamin B9 menjadi vitamin ibu hamil trimester 2 yang sangat baik untuk dikonsumsi, hal ini dikarenakan Vitamin B9 dapat membantu ibu hamil dalam memproduksi sel darah merah, membantu proses metabolisme dalam tubuh, dan membantu tumbuh kembang janin. Selain itu, Vitamin B9 atau Asam Folat dapat menurunkan risiko bayi lahir cacat, mencegah terjadinya Spina Bifida.

Dengan begitu, sangat wajib bagi ibu hamil untuk rajin mengkonsumsi Vitamin B9 atau Asam Folat secara rutin selama masa kehamilan. Vitamin B9 dapat diperoleh dengan mudah di sayuran hijau, Buah Jeruk, kacang-kacangan, kentang, hati, dan kerrang.

3. Zat Besi

Zat besi menjadi zat yang juga sangat penting untuk ibu hamil di trimester 2, terdapat beberapa manfaat baik dari zat besi seperti, mencegah dan mengatasi anemia pada ibu hamil, membantu mengantarkan oksigen pada seluruh tubuh, serta mendorong pembentukan hemoglobin pada ibu hamil.

Selain itu, zat besi bisa membantu ibu hamil agar terhindar dari kelelahan, letih, lesu, pusing, sesak nafas, sakit kepala, dan meningkatkan denyut jantung. Zat besi bisa ditemukan dengan mudah di beberapa sumber makanan seperti, kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, tahu, tempe, susu kedelai, hati ayam dan sapi, sayuran hijau, beras merah.

4. Seng

Seng sangat baik untuk ibu hamil dan kesehatan janin, berbagai macam manfaat seng yang sangat penting adalah, mampu menurunkan risiko bayi lahir dalam keadaan cacat, mencegah resiko bayi lahir prematur, dan dapat membantu pertumbuhan kembang pada bayi. Seng dapat ditemukan di sayuran hijau, kacang-kacangan, seafood, dan daging merah.

Itulah beberapa vitamin ibu hamil trimester 2 yang sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin, pastikan untuk selalu mencukupi kebutuhan vitamin pada masa kehamilan sampai dengan melahirkan.

Baca Juga :Penting! Ini Dia Vitamin yang Bagus untuk Ibu Hamil