Rasanya payudara sangat gatal sekali. Rasa gatal membuat Moms ingin menggaruknya terus. Kekhwatiran mungkin juga melanda Moms. Karena rasa gatal di area payudara dan puting bisa menjadi salah satu pertanda kanker peyudara.

Khawatir boleh saja. Tapi perlu Moms ketahui bahwa rasa gatal di area kebanggaan para wanita ini umumnya bukan menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang serius terjadi pada dengan kesehatan Moms. 

Baca Juga :18 Sebab Payudara atau Puting Terasa Gatal part 1

Inilah penyebab lainnya timbul rasa gatal di area payudara dan puting:

9. Menderita psoriasis.

Ada banyak jenis psoriasis, tetapi plaque psoriasis (psoriasis plak)  paling umum terjadi. Salah satu jenis penyakit autoimun ini membuat sistem kekebalan tubuh bekerja keliur, sehingga menyebabkan sel-sel kulit menumpuk dan membentuk bercak kering, bersisik, gatal yang disebut plak, Biasanya di area seperti siku, lutut, punggung bawah, dan kulit kepala. Tapi, seperti eksim, psoriasis juga dapat muncul payudara atau area di bawah payudara. 

10. Terjadi infeksi jamur di bawah payudara.

Infeksi jamur bukan hanya terjadi dengan vagina, Moms tapi juga cukup umum di bawah payudara. Kelembapan dapat terperangkap di bawah payudara.  Karena area ini mudah berkeringat, sehingga menciptakan lingkungan yang sempurna untuk pertumbuhan ragi, yang dapat menyebabkan payudara gatal. 

Selain gatal, Moms bisa jadi menghadapi gejala lain, seperti ruam merah, benjolan seperti jerawat, rasa terbakar, atau bercak kulit yang mengeluarkan cairan bening.

11. Pengaruh  kehamilan, persalinan atau sedang menyusui.

Kehamilan, melahirkan, dan menyusui semuanya dapat memicu perubahan payudara yang cukup besar. Itu semua dapat menyebabkan payudara gatal dan puting gatal. 

Payudara Moms bertambah besar, timbul stretch mark, sewaktu hamil bisa menyebabkan gatal. Proses menyusui juga  dapat menyebabkan puting menjadi kering dan teriritasi, yang akhirnya membuat gatal

12. Payudara tumbuh sangat cepat karena alasan lain.

Penambahan berat badan yang cepat  misalnya menjadi penyebab. Kondisi ini membuat meregang lebih cepat dari biasanya. Peregangan kulit secara cepat karena kegemukan itu dapat menyebabkan stretch mark yang menyebabkan peradangan dan gatal, Moms.

13. Menderita hipotiroidisme.

Hipotiroidisme terjadi ketika kelenjar tiroid Moms tidak membuat cukup hormon metabolisme tubuh. Tiroid adalah kelenjar kecil di leher  yang  mengatur metabolisme tubuh, yaitu proses pengolahan zat gizi dari makanan yang telah diserap oleh tubuh untuk diubah menjadi energi. 

Bila tiroid yang kurang aktif dapat menyebabkan kulit kering yang dapat menyebabkan payudara gatal. Selain itu timbul gejala lain seperti kelelahan, sembelit, rambut menipis, dan detak jantung lebih lambat.

14. Mengonsumsi obat yang menyebabkan kulit gatal.

Beberapa obat memiliki efek samping. Salah satunya menyebabkan kulit gatal, termasuk ke area payudara. Obat tekanan darah atau aspirin, adalah contohnya. Jika obat ini dicurigai menimbulkan gatal, segera periksakan ke dokter untuk dosis yang lebih rendah atau mendapatkan obat untuk meredakan efek samping.

15. Mengalami menopause.

Pada usia Moms jelang 50 tahun nanti akan terjadi perubahan hormon yang membuat penurunan estrogen dan progesterone. Kondisi  menopause ini dapat menyebabkan kulit pada payudara menjadi lebih tipis. Sehingga, Dr, Rodney mengatakan, akan  membuat area tersebut lebih rentan terhadap gatal.

16. Sebagai gejala kanker payudara.

Ini jarang terjadi. Tapi, jenis inflamation breast cancer atau kanker payudara inflamasi, suatu bentuk penyakit yang langka namun agresif, dapat  menyerang lapisan kulit yang terletak di bawah epidermis (lapisan luar kulit). 

Akibatnya, menurut Jack Jacoub, MD, ahli onkologi medis dan Direktur medis dari MemorialCare Cancer Institute di Orange Coast Medical Center di Fountain Valley, California, akan menciptakan respons peradangan. Peradagan ini akan menimbulkan gatal di payudara serta gejala lain di payudara, seperti: timbul ruam,  kulit menjadi seperti kulit jeruk, kulit meradang dan panas saat disentuh.

17. Menjadi tanda penyakit Paget.

Ini adalah penyebab langka lainnya. Penyakit Paget adalah bentuk langka dari kanker payudara yang membuat sel-sel kanker berkumpul di dalam atau di sekitar puting. Penyakit Paget ini bisa menjadikan kulit terkelupas atau bersisik di sekitar puting, keluarnya cairan dari puting, atau puting masuk ke dalam. Segera hubungi dokter untuk memastikan diagnosis yang akurat.

18. Efek samping dari pengobatan radiasi pada pengobatan kanker payudara.

Terapi radiasi untuk pengobatan kanker payudara bisa membuat payudara menjadi gatal. Hal ini dijelaskan Dr. Ross karena terapi radiasi ini  akan  mengeringkan kulit payudara yang terkena radiasi. Untuk itu, penting menjaga kulit tetap lembap selama perawatan agar  membantu mengurangi efek samping dari radiasi payudara ini.

Jadi, umumnya penyebab rasa gatal pada payudara dan puting itu umumnya tidak perlu Moms khawatirkan. Tapi, jika rasa gatal ini menjadi sangat tak tertahankan, dan kontinyu terjadi, sebaiknya Moms periksakan diri ke dokter.