Gatal pada seputar area payudara dan puting terasa sangat mengganggu ya, Moms. Inginnya digaruk untuk meredakan rasa gatal, tapi sungkan. Apalagi jika gatal ini di area publik. Tapi, jika didiamkan saja, waduh …. rasa gatal itu akan sangat  tidak nyaman dan mengganggu.

Rasa gatal terkadang sangat menganggu, sehingga beberapa wanita menemui dokter untuk mengatasinya. Menurut Gary Goldenberg, M.D., dari klinis dermatologi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai, New York City, beberapa gejala payudara gatal sering dikeluhkan adalah: 

Banyak hal yang dapat menyebabkan payudara dan puting gatal menjadi terasa gatal dan mengganggu. Inilah antara lain penyebabnya:

1. Tidak cukup sering mencuci bra

Moms mungkin memiliki banyak bra. Tapi, bra favorit yang Moms sering kenakan mungkin hanya beberapa. Dengan alasan Moms sering di area ruang berpendingin, atau di pakai di rumah saja, Moms jadi jarang  mencucinya. 

Sayangnya, pakaian kotor, termasuk pakaian dalam seperti bra, seringkali mengandung bakteri yang dapat mengiritasi kulit. Akibatnya, bakteri dari bra kotor masuk ke celah kulit. Inilah yang membuat payudara menjadi gatal sebagai pertanda salah satu pertanda bakteri ini menginfeksi.

2. Payudara ‘membenci’ bahan tertentu

Bra alias Breast Holder (BH) dibuat dengan berbagai jenis kain, mulai dari sutra, renda, hingga katun. Ada pula yang memakai bahan kain sintetis, seperti dari polyester dan lateks, Bahan kain sintetis, sering mengiritasi payudara, Terutama jika Moms memiliki kulit sensitif.

3. Payudara berhadapan dengan gesekan

 Pakaian atau bra dapat bergesekan dengan kulit dan menyebabkan luka kecil, yang dapat menyebabkan gatal dan bahkan nyeri, demikian menurut Ife J. Rodney, MD, dermatology dan pengajar ilmu dermatologi di Howard University dan Universitas George Washington. Masalah ini umumnya terjadi saat Moms memakai BH atau baju baru..

Selain bahan bra atau busana Moms, jenis gerakan yang Moms lakukan juga dapat menyebabkan masalah ini, terutama saat  melakukan olahraga seperti berlari.

4. Kulit  teriritasi karena terbakar sinar matahari

Liburan ke pantai memang mengasyikkan. Namun, memakai bikini atau tanktop yang membuat bagian dada Moms banyak terpapar matahari juga bisa memicu rasa gatal. Kulit payudara Moms bisa jadi sensitif dan mudah terbakar, terutama bila tidak terbiasa terkena sinar matahari. Seiring dengan kulit yang mengelupas akibat  sengatan matahari, Moms bisa mengalami rasa gatal yang hebat.

5. Mengalami ruam panas

Menurut Sherry A. Ross, M.D., pakar kesehatan wanita dan penulis She-ology: The Definitive Guide to Women's Intimate Health, saat Moms memgalami ruam panas di dada juga dapat menyebabkan payudara gatal. Mengapa? Hal ini karena ruam itu membuat  payudara menjadi terlalu panas dan mulai berkeringat, akhirnya kulit payudara bisa menjadi iritasi, merah, dan gatal. 

Ruam panas sendiri biasanya terjadi ketika keringat terperangkap di bawah kulit, dan menghalangi pori-pori.

6. Reaksi alergi terhadap bahan parfum, sabun, deterjen, pewangi pakaian atau lainnya

Alergi itu menurut American Academy of Dermatology (AAD) disebut Dermatitis kontak. Ini membuat  reaksi alergi atau iritasi yang menimbulkan gatal. Dermatitis kontak alergi biasanya akan dialami oleh Moms yang memiliki kulit sensitif. kulit.

7. Memiliki jenis kulit kering

Kulit kering di bagian tubuh mana pun dapat menyebabkan gatal. Rasa gatal ini akan makin menyiksa di saat udara dingin dan kering. Moms jadi sulit untuk mempertahankan kelembapan di kulit. 

Jadi, ekstra rajinlah mengoleskan losion, termasuk ke area payudara dan puting. Area ini  cenderung diabaikan untuk dijaga kelembapan kulitnya.

8. Menderita eksim parah

Eksim adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan peradangan kering dan gatal. Bukan hanya itu, juga menimbulkan ruam bersisik. Umumnya sering terjadi  di area lutut dan siku. Tapi, pada beberapa kasus dapat memengaruhi hampir seluruh tubuh, termasuk payudara. 

Baca Juga :Kenali Gejala Kanker Payudara yang Tak Disadari