Siapa yang tidak ingin gigi putih mulus seperti mutiara? Moms pasti menginginkan dan menyukainya.  Gigi putih bukan hanya tanda kesehatan mulut yang baik,  tetapi benar-benar meningkatkan penampilan diri secara estetika. 

Sayangnya, gigi dengan beragam penyebab, memang cenderung menjadi kuning, walaupun rajin menggosok gigi.  Ada beberapa alasan penyebabnya, seperti bertambahnya usia,  merokok, gen, dan konsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh.

Di masa yang masih dibayangi infeksi COVID ini mungkin Moms cukup segan ke dokter gigi hanya untuk sesi pemutihan gigi. Di bawah ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memoles gigi kembali putih:

1. Memakai cuka sari apel

Bukan hanya bagus untuk rambut dan kesehatan, cuka sari apel juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sichuan University menemukan bahwa cuka sari apel memiliki efek pemutihan pada gigi sapi. Jadi, Moms cobalah untuk membuat obat kumur dengan bahan ini. 

Caranya: Campurkan 2 sendok teh cuka sari apel ke dalam sekitar 200ml air. Lalu, kumur-kumur selama sekitar 30 detik agar  cairan ini mengenai semua sudut mulut. Namun, karena memiliki efek pemutihan pada gigi, Moms perlu memastikan untuk mengencerkannya sebelum digunakan, dan tidak mendiamkannya di mulut untuk waktu yang sangat lama.

2. Manfaatkan kulit buah

Kulit buah-buahan tertentu seperti lemon, jeruk, dan pisang itu kaya akan vitamin C dan senyawa yang disebut d-limonene. Kedua unsur ini dipercaya dapat memutihkan gigi secara alami! 

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Dentistry mencatat efek positif dari pasta gigi yang mengandung d-limonene sebesar 5% dalam menghilangkan noda gigi. Orang-orang yang menyikat dengan pasta gigi itu setiap hari memperhatikan bahwa noda gigi mereka telah berkurang secara signifikan.

Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Physics mempelajari efek pemutihan ekstrak asam sitrat pada gigi seseorang. Studi ini memperlihatkan capaian hasil terbaik dengan penggunaan kulit jeruk keprok.

Asam sitrat bagus untuk menciptakan gigi yang putih. Namun, jangan terlalu sering dalam penggunaannya. Karena bersifat asam akan dapat mengikis email, sehingga membuat gigi Moms lebih sensitif dan mudah rusak.

3. Oil pulling 

Ini adalah metode berkumur dengan minyak sebagai obat kumur.  Pada sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa berkumur dengan minyak ini dapat bermanfaat dalam menghilangkan penumpukan plak dari gigi yang berkontribusi pada menguning. Minyak yang dipakai adalah minyak dari tumbuh-tumbuhan atau minyak nabati, seperti minyak kelapa, minyak wijen, minyak zaitun, atau minyak biji bunga matahari.

4. Soda kue

Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan noda kuning dari gigi! Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Dental Association juga menemukan baking soda menjadi cara yang aman untuk memutihkan gigi. Selain itu, juga dipercaya dapat melawan bakteri dan mengurangi plak.

5. Pertahankan kebersihan mulut yang sangat baik

Last but not least, jaga kebersihan mulut dengan baik. Untuk kebersihan ini Moms pastikan menyikat dan membersihkan gigi setiap hari. Ini adalah salah satu hal terpenting yang dapat Moms lakukan untuk mencegah gigi menguning. Menyikat gigi dan membersihkan gigi setiap hari membantu melindungi email gigi, sekaligus menghilangkan noda.

Yuk, dicoba…

Baca Juga : Tips Membersihkan Wastafel Stainless