Setiap hari kita selalu menggunakan wastafel, mulai dari mencuci tangan hingga mencuci piring. Tak jarang, sisa-sisa makanan pun menempel dan bersarang di area saringan sampai saluran air. Bila tidak dibersihkan, wastafel akan dipenuhi kuman/bakteri dari sisa makanan, sehingga  rentan menimbulkan penyakit. 

Agar dapur terlihat bersih dan bebas dari kuman, Moms bisa mengikuti tip berikut.  

Membersihkan Wastafel Stainless 

Alat yang dibutuhkan: 

- Sabun cuci piring 

- Spons lembut 

- Sikat gigi bekas 

- Bubuk soda kue / baking soda 

- Lemon 

- Cuka putih 

- Minyak zaitun (opsional) 

- Minyak lemon (opsional) 

Cara membersihkan wastafel: 

  1. Kosongkan wastafel. Pastikan tidak ada sisa piring atau gelas yang tertinggal setelah kita  mencuci piring. Kemudian bersihkan saringan dari semua partikel makanan. 
  2. Campurkan air hangat dengan sedikit sabun cuci piring dalam mangkuk. Celupkan spons lembut (hindari menggunakan sikat yang bisa menggores permukaan) dalam larutan dan gosok seluruh wastafel, termasuk dinding. 
  3. Jika saluran pembuangan kotor, ambil sikat gigi yang tidak terpakai, celupkan ke dalam larutan sabun, dan gunakan untuk menggosok penutup saluran wastafel. 
  4. Jika solusi ini tidak berhasil, gunakan soda kue, Moms. Soda kue bersifat abrasif yang bisa membantu memecah partikel makanan yang menempel di wastafel tanpa merusak permukaan wastafel. Tabur baking soda di seluruh permukaan wastafel. Kemudian, dengan menggunakan spons atau kain lembut, gosok dengan gerakan memutar. 
  5. Lanjutkan menggosok seluruh permukaan wastafel, termasuk dinding, untuk menghilangkan residu dan noda. Setelah selesai menggosok, bilas wastafel dengan cuka putih. Cara ini akan menimbulkan gelembung dari sisa soda kue yang ada, dan membuat wastafel jadi lebih mudah dibilas. 
  6. Untuk menghilangkan noda yang membandel, taburkan sedikit garam ke area bernoda. Potong lemon menjadi dua dan gunakan sisi potongan untuk menggosok noda dengan garam. Setelah selesai menggosok, bilas wastafel sampai bersih. 
  7. Jika ingin wastafel lebih kinclong, tambahkan setetes minyak zaitun (untuk wastafel stainless steel) atau minyak lemon (untuk wastafel porselen) ke kain lembut. Gosok minyak di atas permukaan wastafel, lalu bersihkan sisa berlebih dengan kain bersih. 

Membersihkan Saluran Air

Wastafel yang bersih harus disertai dengan kebersihan saluran air. Pasalnya, saluran air yang kotor akan membuat aroma dapur menjadi tak sedap. Jika pembuangan air berbau busuk, membersihkan permukaan wastafel menjadi hal yang sia-sia. Cara termudah adalah dengan menyedot saluran dengan alat penyedot karet dan membersihkan sampah yang mampet di saluran. Siram saluran air dengan air panas agar kerak lemak larut. Semoga dapat membantu. 

Baca Juga :Cara Membersihkan Kompor Gas