Ketika sudah memasuki masa kehamilan tentu banyak sekali keluhan yang dirasakan, salah satunya adalah keputihan. Keputihan saat hamil sangatlah normal,  tetapi akan menjadi tidak normal jika mengalami keputihan yang berlebihan.

Moms perlu mengetahui tanda tanda keputihan yang tidak normal, apalagi saat umur kehamilan yang masih muda , karena jika Moms membiarkannya dan tidak segera ditangani, keputihan justru akan memberikan efek buruk bagi si janin.

Yuk kita simak bagaimana cara untuk membedakan keputihan yang normal dan tidak normal :

Ciri-ciri keputihan saat hamil muda yang wajar dan normal

Keputihan pada ibu hamil muda umumnya normal terjadi. Biasanya fase ini akan terjadi pada usia kehamilan muda atau trimester pertama dengan jumlah keputihan yang cukup banyak. Penyebab keputihan normal saat hamil adalah peningkatan kadar estrogen dan aliran darah ke vagina.Peningkatan keputihan (baik frekuensi maupun volumenya) merupakan satu dari sekian indikasi awal kehamilan dan hal ini akan berlanjut sepanjang masa kehamilan.Keputihan saat hamil muda yang wajar dan normal, atau disebut juga leukorrhea, memiliki beberapa karakteristik yang meliputi:

Cairan keputihan tanda hamil cenderung berwarna putih susu, bertekstur tebal, dan memiliki aroma yang cenderung ringan. Perbedaan keputihan tanda hamil 1 minggu dengan keputihan saat periode menstruasi dapat Anda dilihat dari perbedaan volumenya.Perubahan keputihan dapat dimulai setiap satu sampai dua minggu setelah fertilisasi. Seiring berjalannya waktu, kondisi ini bisa jadi berubah-ubah hingga tibanya persalinan. Lalu, bagaimana dengan kondisi keputihan saat hamil muda yang abnormal?

Ciri-cirinya vaginal discharge atau keputihan yang abnormal

Penting untuk memahami sejak dini ciri-ciri vaginal discharge yang abnormal. Bisa jadi, kondisi ini mengindikasikan Anda mengalami infeksi atau masalah pada kehamilan.Dikutip dari American Pregency  Berikut beberapa tanda vaginal discharge abnormal:

Keputihan saat hamil muda yang tidak normal merupakan gejala suatu infeksi. Infeksi ragi (yeast infection) adalah salah satu infeksi paling umum terjadi selama kehamilan. Infeksi ragi dapat diatasi dengan menggunakan krim vagina atau suppositoria. Sebagai tindakan pencegahan, berikut beberapa tips untuk menghindari infeksi ragi:

Cara mengatasi keputihan saat hamil muda

Keputihan saat hamil disebut leukorrhea. Hampir semua wanita mengalami keputihan selama masa kehamilan. Hal ini cukup normal dan biasa terjadi karena beberapa faktor.Selama masa kehamilan, leher rahim dan dinding vagina akan berubah menjadi lebih lunak, tak jarang hal ini juga akan disertai dengan keluarnya cairan untuk membantu cegah infeksi vagina ke rahim. Untuk mengatasi keputihan saat hamil, cara yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah:

Setiap gejala terjadinya keputihan bisa jadi tidak berbahaya. Namun jika Anda mengalami keputihan kuning saat hamil muda, gatal hingga berbau tidak sedap maka segera berkonsultasi ke dokter.

Baca Juga :Keputihan Saat Hamil, Normalkah?