Mungkin Moms masih ingat slogan kesehatan tentang makan yang selalu diajarkan sewaktu kita kecil dulu:  4 Sehat 5 Sempurna. Slogan ini berarti kita perlu mengonsumsi makanan 4 sehat, yang terdiri atas makanan pokok, lauk pauk, sayur, dan buah. Sedangkan 5 sempurna merupakan susu yang merupakan nutrisi tambahan

Kini slogan tersebut dinamakan Pola Gizi Seimbang, Moms. Salah satu hal penting dari Pola Gizi seimbang adalah kampanye “Isi PiringKu Sekali Makan”. Yuk, dalam rangka Hari Gizi dan Makanan yang jatuh pada tanggal 25 Januari, simak apa sajakah isi piring yang memenuhi Pola Gizi Seimbang? 

Secara umum, "Isi Piringku" menggambarkan porsi makan yang perlu Moms usahakan tersaji dalam satu piring. Isi yang piring yang wajib ada itu terdiri dari:  50 persen berupa buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein.

Porsi: 2/3 dari 50 persen atau sebesar 33,3%  isi piring.

Makanan pokok menjadi  sumber karbohidrat yang merupakan sumber tenaga.  Kebanyakan kita menjadikan beras sebagai makanan pokok. Tapi, di dalam budaya lokal sebenarnya banyak ragam makanan pokok lainnya, seperti jagung, singkong, ubi jalar, talas, kentang, sagu. Pada masyarakat perkotaan ini sekarang juga mengonsumsi  makanan pokok yang sudah menjadi produk olahannya, seperti roti, pasta, bihun atau mi.

Sebagai, dalam satu piring itu disarankan cukup hanya mengonsumsi sekitar 150 gram nasi atau sekitar 3 centong nasi. Ukuran ini setara dengan 3 buah kentang ukuran sedang (300 gram), atau 1½ gelas mi kering (75 gram)

Porsi: 1/3 dari 50 persen atau sebesar 16.7% dari isi piring.

Umumnya beragam makanan dari hewan atau tumbuhan yang bisa menjadi sumber protein, yaitu: 

Supaya Moms tidak bingung berikut panduan makan gizi seimbang yanh disarankan makan untuk lauk hewani: sekitar 75 gram ikan kembung, setara 2 potong ayam tanpa kulit ukuran sedang (80 gram), 2 potong sapi ukuran sedang (70 gram) atau 1 butir telur ayam (ukuran 55 gram).

Untuk protein nabatinya, bisa dengan tahu 100 gram, atau 2 potong tempe ukuran sedang (50 gram).

Lauk pauk dari protein hewani mempunyai asam amino lebih lengkap dan lebih mudah diserap tubuh. Namun, berhari-hati untuk kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang mungkin ditemukan pada beberapa jenis hewani. Selain itu, harnya pun relatif lebih mahal daripada protein nabati.

Porsi: 2/3 dari 50 persen atau sebesar 33,3% dari  isi piring. 

Sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral, terutama mengandung karoten, vitamin A, vitamin C, zat besi, dan fosfor. Sebagian vitamin dan mineral dalam sayuran berperan sebagai antioksidan, lho….

Ada beberapa sayuran yang bisa langsung dikonsumsi mentah, dan ada yang perlu dimasak terlebih dahulu dengan cara direbus, ditumis, atau dikukus. Namun, bagi Moms yang sedang hamil sebaiknya mengonsumsi sayuran yang dimasak. 

Sebagai panduan makan gizi seimbang, disarankan dalam satu piring setidaknya Moms mengonsumsi 150 gram sayur, atau sama dengan ukuran satu mangkuk ukuran sedang.

Mengapa porsinya cukup besar? Karena sayuran sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, Moms. Antara lain, sayur berguna untuk melindungi diri terkena penyakit kronis (seperti sakit kanker, jantung dan stroke), membuat buang air besar menjadi lancar, mempertahankan berat badan, membuang racun dalam tubuh dan membuat kulit serta tulang sehat. Dan , bagi Moms yang sedang hamil dengan rajin makan sayuran akan mencegah bayi lahir dengan kecacatan. 

Beberapa contoh sayuran yang biasanya banyak dikonsumsi seperti bayam, kembang kol, sawi, pakchoy, terong, timun, selada air, labu siam, kangkung, lobak, buncis, brokoli, daun singkong, tomat, dan wortel.

Porsi : 1/3 dari 50 persen atau sebesar 16,7% dari isi piring.

Buah-buahan sebagai sumber vitamin dan mineral juga Moms. Buah juga kaya dengan serat yang bagus untuk pencernaan.Buah-buahan memiliki banyak vitamin seperti vitamin A, B, B1, B6, dan C Sebagian dari vitamin dan mineral dari buah-buahan juga menjadi sumber antioksidan yang penting.  

Beberapa contoh buah-buahan yang enak dikonsumsi dan akan disukai si Kecil serta keluarga itu seperti pisang, melon, semangka, rambutan, salak, pepaya, jambu, mangga, apel, dan jeruk.

Kalau melihat anjuran Isi Piringku di atas sebenarnya tidak sulit menyajikan pola gizi seimbang bagi keluarga. Harganya pun tidak mahal. Jadi siapa bilang untuk menjadi sehat itu harus menguras kantong dalam-dalam?

Baca Juga : 10 Cara Raih Gizi dan Kesehatan Paripurna