Terkadang kita bertahan di suatu perusahaan atau pekerjaan jauh lebih lama dari yang seharusnya karena alasan gaji yang bagus. Namun, jika itu mengorbankan kesehatan, kebahagiaan, ketenangan pikiran diri bahkan keseimbangan dalam keluarga, maka pekerjaan itu sebenarnya tidak lagi sepadan dengan uangnya lho, Moms. 

Pindah tempat bekerja atau malah pindah karier memang tidak mudah. Dan, memang tidak ada jaminan pula bahwa pekerjaan atau karier  di kantor yang baru akan membuat Moms lebih bahagia. Tapi, setidaknya Moms sudah berusaha keluar dari labirin yang bisa mengganggu kesehatan diri Moms serta  berpotensi memengaruhi ketentraman keluarga.

Berikut beberapa hal yang perlu Moms pertimbangkan dan pikirkan masak-masak sebelum memutuskan untuk pindah pekerjaan, berganti karier atau masuk ke departemen lain di perusahaan Moms.  

Identifikasi passion dalam pekerjaan

Ini menjadi hal pertama yang harus Moms lakukan ketika memutuskan pindah perusahaan, berganti karier atau mencoba ikut divisi lain dalam perusahaan yang sama. 

Passion secara singkat diartikan sebagai gairah hidup. Passion  memberikan perasaan semangat yang luar biasa dan timbul saat seseorang melakukan suatu hal. Nah, bayangkan jika passion ini ada dalam pekerjaan? Pekerjaan akan menjadi suatu hal yang tidak membosankan, selalu ada kecintaan yang baru dan Moms akan mencari cara menyelesaikannya tanpa terbebani. 

Tidak ada kata terlambat dalam meraih passion untuk pekerjaan Untuk ini coba Moms pikirkan: Apa saja yang Moms senang lakukan? Hal apa yang membuat Moms tertarik? Bagaimana  nilai  atau moral   atau core values yang Moms inginkan? Susunlah jawaban ini dalam daftar, sehingga akan membantu Moms untuk menemukan karier yang selaras dengan hal-hal ini.

Silangkan hasrat dengan ide karier

Sekarang, setelah menemukan hasrat dan nilai inti, Moms dapat mulai meneliti potensi karier yang memungkinkan Moms berkembang di bidang ini. Katakanlah Moms seorang penyayang binatang. Moms dapat mempertimbangkan karier sebagai teknisi dokter hewan, pengasuh hewan peliharaan, atau memutuskan untuk menambah ilmu ke sekolah dokter hewan atau kursus pemeliharaan hewan.

Atau mungkin Moms suka menulis. Moms bisa masuk menjadi penulis lepas untuk berbagai laman di internet, penulis content  atau kreator untuk berbagai acara di youtube atau podcast,  atau bakan menjadi ghostwriting. Intinya adalah menemukan karier yang disukai, dan memungkinkan pula menghasilkan uang dari karier yang disukai.

Perbarui CV dan resume

Jika telah memutuskan jalur karier yang membuat Moms bersemangat, dan siap untuk mengambil lompatan. Sekarang, saatnya memperbarui CV (Curriculum Vitae)  dan resume.  Soroti dan deksripsikan keterampilan apa pun yang Moms miliki untuk dapat digunakan dalam pekerjaan berikutnya.

Lauren Rikleen, Presiden Institut Rikleen yang menangani soal Kepemimpinan Strategis, menyarankan untuk terlebih dulu memeriksa deskripsi pekerjaan yang Moms  kejar dengan cermat. Cermati keterampilan dan persyaratan yang paling diinginkan, sehingga Moms dapat memasukkan hal-hal itu di CV dan resume ini.Jika Moms tidak memiliki pengalaman yang cukup, pertimbangkan dulu untuk memperbarui keterampilan Moms dengan mengikuti kursus agar lebih mudah dipekerjakan.

Di online, beragam kursus ada yang menyediakan gratis atau memberikan harga yang tidak terlampau menguras kantong.  Tergantung pada pilihan karier, Moms mungkin dapat menemukan sumber daya lain yang terjangkau atau bahkan gratis untuk meningkatkan keterampilan juga.

‘Ketok pintu’ jaringan pribadi

Setelah semuanya siap, Moms lanjutkan ke tahap berikutnya dalam pencarian pekerjaan ini, yaitu melamar pekerjaan. Sebelum ‘memplototi’ dan mengirimkan ke lowongan pekerjaan atau karier di berbagai situs penyedia pekerjaan.  Pastikan dulu  untuk memanfaatkan jaringan yang sudah dmiliki. Hubungi teman, keluarga, rekan kerja atau klien sebelumnya yang mungkin dapat menghubungkan Moms dengan peluang baru.

Moms bisa jadi terkejut dengan pintu yang akan dibukakan oleh orang-orang yang sudah Moms kenal. Jaringan pribadi ini dapat menjadi sistem pendukung yang sangat besar dalam membantu mencapai tujuan pekerjaan Moms yang baru.

Selamat berburu pekerjaan atau  karier baru yang memberikan keuangan dan kebahagian ya Moms…

Baca Juga : Bekerja dari Rumah, Why Not?