Setiap Moms pasti mendambakan rumah yang apik dan bersih. Namun tahukah Moms bahwa beberapa peralatan di rumah tidak hanya perlu bersih saja, tetapi secara berkala perlu diganti. Apa saja barang rumah tangga yang butuh diganti tersebut? Mari kita simak ulasannya bersama. 

Spons Cuci Piring

Nah, apakah Moms ingat kapan terakhir kali mengganti spons cuci piring di rumah? Spons cuci piring adalah salah satu barang paling kotor di rumah karena sering terkontaminasi kotoran dari piring dan gelas bekas pakai. Kondisi spons yang sering lembap juga menjadi tempat favorit bakteri dan jamur berkembang baik. Oleh sebab itu, Moms harus mengganti spons cuci piring secara rutin setiap minggunya. 

Panci

Panci atau penggorengan yang memiliki lapisan seperti teflon harus segera diganti ketika Moms melihat adanya goresan di permukaannya. Hal ini karena lapisan yang mengelupas itu bisa mengontaminasi makanan dan mengeluarkan gas yang bersifat racun ketika dipanaskan. Untuk peralatan masak yang lebih awet dan tidak perlu sering diganti, Moms bisa memilih yang menggunakan bahan stainless steel atau besi cor (cast iron). 

Sikat Gigi 

Seperti yang Moms mungkin sudah tahu, sikat gigi adalah barang rumah tangga yang diganti setiap 3 bulan. Namun, jika Moms menemukan bulu-bulu sikat gigi sudah mekar sebelum tiga bulan, Moms harus segera menggantinya dengan yang baru, ya! 

Pisau Cukur 

Pisau cukur yang tajam dan bersih sangat penting untuk proses pencukuran yang aman dan rapi. Maka dari itu, sebaiknya, buang pisau cukur yang sudah dipakai lima atau tujuh kali, dan tidak menyimpannya lebih dari sebulan. Jika Moms menggunakan pisau cukur yang tumpul, maka risiko luka dan infeksi juga akan meningkat. Kemungkinan in-grown hair juga akan menjadi lebih tinggi. 

Shower puff 

Ternyata nih Moms, sebaiknya shower puff diganti setiap 3 minggu sekali. Hal ini sebab di shower puff seringkali menempel sel kulit mati kita yang bisa jadi media pertumbuhan bakteri. Makanya, selain rutin mencucinya setelah digunakan, shower puff juga butuh diganti rutin. 

Nah itu dia beberapa barang rumah tangga yang butuh diganti secara berkala dan harus segera diganti jika mengalami penurunan fungsi. Selamat berbenah, Moms! 

Baca Juga :10 Barang 'Sekali Pakai' yang (Harusnya) Bisa Digunakan Kembali