Memiliki rumah bersih dan higienis dambaan semua orang ya Moms, terlebih di situasi pandemi seperti sekarang ini. Moms mungkin mempunyai jadwal membersihkan rumah setiap hari. Namun, apakah Moms mempunyai jadwal untuk mengganti perabotan sehari-hari? Biasanya perabotan rumah tangga hanya diganti saat benar-benar terlihat kotor atau tidak layak untuk dipakai. Padahal beberapa perabot rumah tangga menjadi tempat berkumpulnya bakteri, sehingga harus diganti secara rutin, Moms. 

Berikut ini beberapa barang rumah tangga yang harus diganti secara rutin. 

1. Sikat gigi 

Kebersihan gigi sangatlah penting. Untuk itu, menyikat gigi sehari dua kali perlu dilakukan. Namun terkadang kita lupa mengganti sikat yang digunakan untuk membersihkan gigi dan mulut. "Moms harus mengganti sikat gigi atau kepala sikat gigi elektrik setiap tiga bulan, kecuali sikatnya sudah rusak lebih cepat dari itu," kata dokter gigi Ben Atkins kepada Netmums. Sedangkan anak-anak biasanya menyikat gigi lebih cepat ketimbang orang dewasa, sehingga sikat gigi mereka harus lebih sering diganti. 

2. Sisir 

Sisir yang sering dipakai bisa mengandung banyak kuman dari rambut. Penata rambut selebritas, Jamie Stevens, menyarankan membersihkan sisir setidaknya sekali dalam sepekan dan membeli yang baru setiap tahun. "Bersihkan sisir di air sabun yang panas, lalu bersihkan dari rambut-rambut yang tersangkut. Semprot dengan disinfektan untuk membunuh kuman yang tersisa," tuturnya. 

3. Sandal rumah 

Ketika memakai sandal di dalam rumah setelah seharian beraktivitas, Moms mungkin tidak memikirkan betapa kotornya benda itu. "Moms harus berhati-hati terhadap apa pun yang bersentuhan dengan kulit," ujar pakar kebersihan, Profesor Sally Bloomfield. Mencuci sandal secara rutin dan menggantinya setiap 6 bulan, bisa mengurangi mengurangi risiko infeksi jamur. 

4.Spons 

Spons yang dipakai untuk membersihkan kamar mandi atau dapur harus dibuang tiap pekan. Karena jumlah debu dan bakteri bisa terakumulasi selama satu minggu. 

5. Kontainer plastik 

Moms sering membawa bekal dalam tempat makan plastik?  Bila kotak plastik yang dipakai sudah tergores atau dipakai untuk memanaskan makanan di dalam microwave, mungkin makanan Moms sudah terpapar toksin berbahaya. Pastikan mengganti tempat makan plastik setidaknya setiap enam bulan. 

6. Wajan 

Tidak disarankan memasak di wajan yang sudah tergores. Moms harus mengganti wajan setidaknya 3-5 tahun sekali. Pasalnya, memasak dengan wajan yang sudah tidak mulus bisa berpotensi membuat makanan terpapar komponen yang tak baik untuk tubuh. 

7.Handuk mandi 

Tidak ada yang lebih nyaman dari mengeringkan tubuh dengan handuk baru yang lembut. Kita tahu kapan handuk harus diganti, yakni ketika seratnya sudah kasar saat disentuh. Ketika handuk sudah tidak bisa menyerap air sebaik dulu, saat itulah bakteri akan lebih mudah berkembang biak di permukaannya. Untuk itu, gantilah handuk setiap 1-3 tahun. 

Itulah beberapa barang rumah tangga yang harus diganti secara berkala ya Moms. Semoga dapat membantu.

Baca Juga :Barang Rumah Tangga yang Harus Segera Diganti